22-2-1918: Manusia Tertinggi di Dunia Lahir

Robert Pershing Wadlow
Sumber :
  • www.guinnessworldrecords.com

VIVA.co.id – 99 Tahun lalu, manusia yang nantinya akan menjadi orang tertinggi di dunia, Robert Pershing Wadlow lahir. Wadlow lahir di AS dan masuk dalam rekor manusia tertinggi di dunia. Pada akhir hayatnya, Wadlow meninggal dengan tinggi tubuh 2,72 meter dan berat 222,26 kilogram.

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Dia lahir dengan bobot 2,9 kilogram. Dalam usia setengah tahun, bobotnya menjadi 13,6 kilogram. Memasuki ulang tahun pertamanya, tinggi Wadlow mencapai 104 sentimeter dan bobot tubuh 20,4 kilogram. 

Pada usia lima tahun, tinggi Wadlow mencapai, 170 cm dan sudah melebihi tinggi ibunnya. Saat usia 13 tahun, Wadlow tingginya sudah 223 cm. Pada usia 18 tahun, tinggi badan Wadlow secara drastis mencapai 2,54 meter, dan kemudian terus menerus bertambah. 

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Wadlow meninggal di usinya ke-22 tahun, pada 15 Juli 1940.

"Ukuran unik ini dikaitkan dengan lebih aktifnya kelenjar pituari, yang diproduksi jauh lebih tinggi ketimbang tingkat hormon pertumbuhan normal," seperti dikutip dari laman Today in Science, Rabu 22 Februari 2017.

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Saat itu, ilmu medis belum bisa mengimbangi pertumbuhan yang tidak normal pada Wadlow. Maka pria kelahiran Alton Illinois, AS itu mulai menderita akibat infeksi fatal dikakinya karena lecet . Walau operasi darurat dan transfusi darah dilakukan, tapi hal itu tak membantunya.

Untuk mengenang pria yang lahir di Alton, Illinois itu. Pada 1985, sebuah patung perunggu Robert Wadlow berukuran sama yang dibuat oleh Ned Giberson dipajang di Universitas Edwardsville di Illionois Selatan tepatnya di bagian Sekolah Kesehatan Gigi. 

Ia juga dimunculkan di sebuah film dalam bentuk sebuah patung lilin di museum Ripley's Believe It Or Not! di Saint Augustine, Florida, Atlantic City, New Jersey, Niagara Falls, Kanada, Gold Coast, Queensland dan Guadalajara, Meksiko. 

Sebuah patung lainnya yang berukuran sama juga merupakan dari bagian pameran Guinness Hall of World Records di Empire State Building di New York. Lalu sebuah lagu dipopulerkan pada 1998 oleh Handsome Family berjudul 'The Giant of Illinois'.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya