Aplikasi Ini Pantau Titik Banjir Tingkat RW di Jakarta

Tampilan aplikasi Pantau Banjir
Sumber :
  • Tangkapan layar Google Play

VIVA.co.id – Pemantauan banjir di wilayah DKI Jakarta kini bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi mobile. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Jakarta Smart City telah mengembangkan aplikasi pemantau banjir hingga tingkat RW di ibu kota. Aplikasi ini dinamakan Pantau Banjir. 

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Aplikasi ini menampilkan empat menu untuk memantau dan mengantisipasi datangnya banjir yang kerap melanda Jakarta. Ada menu Laporan, Pintu Air, Pos Pengamatan, dan Pompa. 

Menu Laporan menampilkan data laporan titik banjir per RW di DKI Jakarta. Laporan banjir disertai dengan data tinggi banjir, foto titik banjir hingga lokasi banjir dan data pelapor. Data laporan yang masuk tercatat secara real time. 

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Tampilan aplikasi Pantau Banjir

Kemudian menu Pintu Air menyajikan informasi kondisi pintu air di Jakarta, yang meliputi status siaga pintu air disertai dengan kondisi cuaca di lokasi pintu air.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

Dalam pengecekan, kondisi Pintu Air Manggarai pada 21 Februari 2017 pukul 13.00 WIB tercatat dalam status Siaga 3 dengan ketinggian air 780 cm dan cuaca mendung tipis. Sementara itu, pada waktu yang sama, Pintu Air jembatan Merah di aplikasi ini berstatus Siaga 1 dengan ketinggian air 230 cm dan cuaca mendung. 

Saat pengguna mengklik bagian Pintu Air, maka akan disajikan kronologi perkembangan tinggi air di pintu air yang bersangkutan. Informasi perkembangan muka air disajikan dalam bentuk grafis dan kronologi, sehingga memudahkan pengguna membaca informasi. 

Tampilan aplikasi Pantau Banjir

Selanjutnya pada menu Pos Pengamatan, menyajikan informasi kondisi pos pengamatan banjir yang mirip dengan informasi pada pintu air. Pada menu ini, pengguna akan melihat status siaga, tinggi muka air pos pengamatan banjir. Perkembangan informasi pos pengamatan banjir juga disajikan dalam bentuk grafis dan kronologi. 

Tampilan aplikasi Pantau Banjir

Tak kalah penting juga pemantauan pompa air. Pada menu Pompa di aplikasi ini, pengguna bisa mengetahui kondisi pompa air di beberapa titik di ibu kota, apakah kondisi pompa air hidup atau mati. 

Saat pengguna mengklik salah satu pompa air, maka akan mendapatkan informasi perkembangan kondisi pompa hidup dengan warna hijau atau mati dengan warna merah. Informasi disajikan secara berkala. 

Tampilan aplikasi Pantau Banjir

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya