TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Mengenal Bokeh di Dual Kamera Vivo V5 Plus

Vivo V5 Plus andalkan dual kamera depan dengan 20 MP dan 8 MP.
Mengenal Bokeh di Dual Kamera Vivo V5 Plus
Vivo V5 Plus (Viva.co.id/Sarie)

VIVA.co.id – Vivo V5 Plus baru saja meluncur di Indonesia dengan harga Rp5,5 juta. Memang harganya tergolong cukup mahal. Namun, setelah melihat apa yang bisa dilakukan dengan Vivo V5 Plus, harga tersebut akan terkesan wajar.

Memang, yang paling menarik dan dicari para pengguna dari sebuah smartphone adalah kamera untuk selfie. Jika smartphone pada umumnya memiliki kamera depan dengan resolusi lebih rendah ketimbang kamera utama, tidak demikian dengan Vivo V5 Plus.

Kamera depan V5 Plus dilengkapi dengan dua buah kamera yang terintegrasi. Salah satunya beresolusi 20 megapiksel ditambah 8 megapiksel, lengkap dengan LED Flash. Sementara itu, kamera belakang hanya satu, dengan resolusi 16 megapiksel.

Kamera depan 20 MP menggunakan sensor Sony IMX376 1/2.78 inci dengan bukaan lensa f/2.0 dan 5P lens system. Sementara itu, kamera depan tambahan mempunyai resolusi 8 MP dengan bukaan lensa f/2.0. Kedua kamera ini digadang bisa menghasilkan foto selfie dengan mode bokeh. Lalu, apa itu bokeh?

Bokeh Mode untuk Foto Profesional

Nikon menjelaskan, bokeh sebagai efek out-of-focus dengan latar belakang lembut yang didapat ketika memotret subjek, menggunakan lensa cepat di aperture terlebar dan lebih luas. Artinya, bokeh didapat berkat lensa kamera. Inilah mengapa Vivo memberikan aperture lensa seperti yang dijabarkan di atas.

Bokeh merupakan nama resmi untuk sebuah efek fotografi. Berasal dari bahasa Jepang yang berarti blur atau kabur, atau bisa juga berarti kualitasnya mengaburkan. Namun, bukan berarti hasil foto ini menjadi kabur melainkan nge-blur dengan estetika yang indah dalam fotografi.

Artinya, pengguna bisa membidik objek dengan lebih fokus. Hanya objek yang dibidik yang terlihat terang dan soft, sedangkan latar belakang yang menyertainya akan dibuat kabur. Efek seperti ini yang banyak diinginkan oleh para penggemar selfie. Namun, untuk penggunaan wefie, atau foto selfie dengan banyak orang, bokeh tidak disarankan untuk digunakan.

Dalam efek bokeh, pengguna bisa mengatur fokus lensa mulai dari F0,95 sampai F16. Semakin kecil pengaturannya semakin kabur gambar latar belakang saat selfie.

Fitur lain yang bisa digunakan adalah beautification. Pengguna bisa mengatur tingkat kecerahan, baik warna kulit, pemutihan wajah, sampai membuat wajah mengkilap. Jika Anda atur dalam tingkat maksimal, jadinya akan sangat putih dan mengkilap. Jadi, ada baiknya atur tiap kecerahan dalam level tengah saja.

Efek bokeh hanya ditemui di kamera depan Vivo V5 Plus dan tidak berlaku di kamera belakang. Fiturnya pun sudah terintegrasi, sehingga pengguna tinggal mengklik menu bokeh untuk membuat gambar lebih cantik.

Seperti pendahulunya, Vivo V5 Plus juga masih mempertahankan teknologi selfie softlight yang akan aktif menyala secara otomatis menyesuaikan kondisi sekitar, sehingga hasil fotonya bakal lebih alami. Khususnya, suasana malam hari atau pun cahaya temaram.

Meskipun kamera utama hanya satu dan resolusi 16 MP, hasil fotonya tidak terlalu berbeda dengan dua front. Kamera utama menghasilkan beberapa saturasi gambar dan mampu meredam noise, baik untuk kondisi siang hari, senja maupun saat kurang cahaya.

Warna gambar yang ditampilkan pun seimbang, karena noise gambar diredam secara impresif. Hasil kamera Vivo V5 Plus mungkin lebih baik ketimbang smartphone keluaran Taiwan.

Sayang, tidak ada fitur Optical Image Stabilizer (OIS) di V5 Plus. Sementara itu, smartphone Taiwan, selain memiliki OIS juga memiliki fitur yang banyak, mulai dari beautification, scan barcode, GIF Animasi, hingga HDR Pro.

Selanjutnya, V5 Plus memiliki fitur nightshot, ultra HD, format PPT, anti-shake, foto profesional, slow motion, dan time lapse. Untuk mengambil video, pengguna bisa mengatur kepadatannya, mulai 1080p, 720p, sampai 480p.

Peluncuran Vivo V5 Plus

Musik dan Fitur Lain

Sama halnya dengan pendahulu, V5, V5 Plus digadang juga mampu menghadirkan suara yang lebih jernih dan lantang. Semua ini berkat chip audio AK4376, yang merupakan hasil produksi kustom Vivo. Untuk mengaktifkan suara menggelegar di dalam ponsel, pengguna bisa mengaktifkan fitur ini pada opsi Hi-Fi yang ada di aplikasi pengaturan.

Vivo V5 Plus memiliki baterai dengan kapasitas 3055 mAh, yang diklaim memiliki fitur fast-charging bermesin dua. Ditambah dengan prosesor Snapdragon 625 yang diklaim cukup hemat energi.

Kolaborasi keduanya bisa menghasilkan daya tahan baterai yang sedikit lebih lama ketimbang smartphone pada umumnya. Dengan pemakaian normal, V5 Plus bisa bertahan hampir dua hari. Bahkan saat energi kosong, pengisian bisa dilakukan dengan cepat. Untuk mencapai 100 persen hanya butuh waktu kurang dari tiga jam.

Fitur lain pada Vivo V5 Plus adalah sokongan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 2.0GHz Octa-core, plus RAM 4 GB, baterai 3.160 mAH, layar 5,5 inci dengan bantuan 16 juta warna kerapatan 401 piksel per inci, dan teknologi layar Corning Gorilla Glass 5 dengan bentuk lengkung 2.5D.

Yang menarik dari Vivo V5 Plus adalah tampilan desainnya yang tidak membosankan. Untuk produk V5 Plus berwarna putih, ditambah dukungan tampilan menu di layar, membuat V5 Plus layak disebut sebagai Android rasa iPhone 6. (art)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP