Indonesia Diperhitungkan dalam Dunia Robotik

Ilustrasi/Kontes Robot Indonesia (KRI) 2016
Sumber :
  • VIVA.co.id/Januar Adi Sagita

VIVA.co.id – Dunia robotik sudah mulai merambah segala tingkat jenjang pendidikan, mulai kalangan Taman Kanak-Kanak hingga mahasiswa. Robotik bahkan masuk dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan menengah Kemendikbud, Wowon Widaryat mengatakan, kegiatan robotik erat kaitannya dengan mata pelajaran, seperti matematika, sains dan teknologi, fisika, desain, mekanika, elektronika, dan pemrograman.

“Sains dan robotik sangat bermanfaat dalam melatih motorik halus, pikiran, serta refleks ke anggota fisik. Bahkan, dapat merangsang berfikir sistematis dan terstruktur dalam merangkai masalah dan imajinasi, sebab merancang robot itu diperlukan kreativitas sekaligus melatih kesabaran,” ujar Wowon dalam keterangan tertulis kepada VIVA.co.id, Senin 20 Februari 2017.

Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan

Wowon mengakui, terkait dengan kurikulum, memang untuk robotik belum terakomodasi secara khusus di kementerian, tapi dia mengatakan, bagian-bagiannya sudah ada dan telah dilakukan setiap tahun.

Sebagai catatan, Wowon menuturkan, saat ini Indonesia termasuk negara yang diperhitungkan di dunia soal sains dan robotik.

Trik Kelola 'Cuan' Ala Influencer & Public Figure

Selain ekstrakurikuler di sekolah, ternyata masih ada kalangan swasta yang peduli dengan perkembangan robotik bagi anak. Misalnya pengelola Grand ITC Permata Hijau yang menggelar acara Science Kids & Robotic Kids Fair 2017.

Property Manager Grand ITC Permata Hijau, Devy Krisnandi mengatakan, acara tersebut diselenggarakan untuk mendukung kegiatan siswa yang senang tentang robotik.

“Ekskul robotik menjadi penting karena dapat mengenalkan dan mengajarkan teknologi sejak dini kepada anak. Pembelajaran ekskul robotik juga dapat meningkatkan kelihaian siswa dalam mengoperasikan komputer," kata Devi.

Devi berharap dengan penyelenggaraan Science Kids & Robotic Kids Fair ini menjadikan generasi muda lebih sering berkompetisi dalam hal pembelajaran khususnya robotik. Science Kids & Robotic Kids Fair 2017 diselenggarakan pada pekan kemarin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya