Bill Gates Minta Robot Dikenai Pajak

Kirobo Mini, Robot Toyota Motor Corp
Sumber :
  • REUTERS/Kim Kyung-Hoon

VIVA.co.id – Pendiri Microsoft, Bill Gates berpandangan semestinya robot harus dikenai pajak seperti halnya manusia. Gagasan itu dilontarkan Gates lantaran robot punya potensi menghasilkan nilai ekonomi dan menggantikan pekerjaan manusia.

Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan

“Jika seorang pekerja manusia memiliki pendapatan senilai US$50 ribu, penghasilan dikenakan pajak. Jika robot datang untuk melakukan hal yang sama (sebagai pekerja), maka pajak robot juga di tingkat yang sama, " kata Gates dalam sebuah wawancara dengan Quartz, seperti dilansir Tech Times, Senin 20 Februari 2017.

Gates melontarkan demikian, karena para pengusaha banyak berpendapat bahwa dengan kemajuan teknologi seluruh pekerjaan manusia bisa digantikan oleh robot.

Trik Kelola 'Cuan' Ala Influencer & Public Figure

Ide pajak untuk robot muncul karena orang kaya dunia itu mengkhawatirkan laporan yang mengindikasikan robot akan menggantikan 50 persen pekerjaan manusia dari 2023 sampai 2033. 

Pada laporan McKinsey 2015 menyatakan, teknologi masa kini bisa menggantikan hampir 45 persen pekerjaan manusia. Seperti munculnya drone yang dapat menggantikan pekerjaan manusia di bidang pertanian dan infrastruktur.

Keren, Pria Ini Bikin Kreativitas Robot dari Barang-barang Bekas

Selain soal pajak untuk robot, dengan data tersebut, Gates menyarankan agar tenaga kerja memiliki banyak keahlian, karena pekerja keterampilan rendah akan semakin menderita.

Kecerdasan Buatan Atau Artificial Intelligence (AI)

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2023