Dua Tahun Lagi Nenek Moyang Gajah Hidup Kembali

Mammoth punah akibat gizi buruk
Sumber :

VIVA.co.id – Tim ilmuwan dari Harvard University mengaku telah menemukan cara untuk bisa menghidupkan kembali mammoth. Hewan raksasa mirip gajah yang berbulu tebal itu merupakan salah satu yang hidup berdampingan dengan dinosaurus.

Ditemukan Dinosaurus Mini, Ukurannya Cuma 2 Inchi

Para ilmuwan tersebut mengaku, saat ini masih dalam tahap menciptakan embrio hibrida mammoth berbulu. Embrio hibrida akan dikembangkan menjadi janin melalui teknik editing gen CRISPR-Cas9. Gen yang dicomot oleh para peneliti ialah gen gajah Asia, yang diyakini sebagai kerabat terdekat dari mammoth.
 
“Tujuan kami untuk menghasilkan embrio gajah-mammoth hybrid. Sebenarnya, itu lebih seperti gajah dengan sejumlah sifat raksasa (mammoth). Kami belum sampai ke sana, tapi itu bisa terjadi dalam beberapa tahun ke depan,” kata George Church, peneliti yang juga ahli genetika, seperti dilansir Tech Times, Jumat, 17 Februari 2017.
 
Church mengatakan, sejak proyek dimulai pada 2015, mereka telah menyunting sebanyak 45 DNA mammoth yang disambungkan ke dalam genom gajah Asia.
 
Adapun sifat mammoth yang ada di tubuh mammoth-gajah ini seperti bulu panjang yang menjadi ciri khas mammoth, lapisan lemak tebal yang menyelimuti tubuh dan darah dingin.
 
Diketahui, mammoth, yang merupakan nenek moyang gajah, punah sekitar 4 ribu tahun lalu dan hidup pada zaman es. Mammoth dipercaya hidup dan berkeliaran di Asia, Eropa, Afrika dan Amerika Utara.

BBC Indonesia

Jejak Buaya Purba Berusia 110 Juta Tahun Ditemukan di Korea Selatan

Buaya itu punya keunikan karena larinya seperti burung unta.

img_title
VIVA.co.id
13 Juni 2020