Ilmuwan Temukan Jenis Reptil yang Melahirkan

Dinocephalosaurus, reptil yang bisa melahirkan
  • Guardian

VIVA.co.id – Selama ini yang kita ketahui, reptil bereproduksi dengan cara bertelur. Namun yang baru ditemukan ilmuwan ini cukup membuat terkejut, yakni reptil yang bereproduksi dengan cara melahirkan.

Ada Ular Piton Besar di Mal, Anak-anak Malah Kegirangan

Para peneliti dari Hefei University of Technology, China, menemukan fosil hewan reptil tertua ini di perairan Provinsi Yunnan, barat daya China. Reptil ini diberi nama Dinocephalosaurus.

Jika reptil pada umumnya bereproduksi dengan cara bertelur, Dinocephalosaurus bereproduksi dengan cara beranak atau melahirkan. Buktinya ditemukan pada perut fosil yang memperlihatkan embrio bayi dalam keadaan utuh.

Ternyata Racun Tak Hanya Milik Reptil

Embrio bayi Dinocephalosaurus tersebut diperkirakan berjenis kelamin perempuan. Selain itu, fakta menarik lainnya, selain reproduksi, reptil laut itu memiliki ciri anatomi tubuh dengan leher panjang, mencapai 1,7 meter.

“Dinocephalosaurus hidup ketika jaman Dinosaurus, sekitar 245 juta tahun lalu,” kata Juni Liu, ahli paleontologi yang juga peneliti Dinocephalosaurus, dikutip dari The Guardian, Kamis, 16 Februari 2017.

Selain berleher panjang, Liu mengatakan, ciri lain dari Dinocephalosaurus memiliki kepala kecil dan gigi taring besar. Gigi taring digunakan untuk memangsa ikan. Ikan sebagai mangsa Dinocephalosaurus terbukti dari adanya fosil ikan yang utuh dalam perutnya.

Sayangnya, penyebab punahnya reptil beranak ini masih belum diketahui. (mus)