Usai Meluncur, 9 Hari Lagi Satelit Telkom 3S Beroperasi

Peluncuran Satelit Telkom T3S
Sumber :
  • Dok. Telkom

VIVA.co.id – Usai diluncurkan subuh tadi waktu Indonesia, atau malam tadi waktu Prancis, satelit Telkom tidak langsung beroperasi. Jika sesuai perhitungan, butuh waktu 9 hari bagi satelit itu untuk benar-benar bisa beroperasi penuh.

Mas Direktur Fajrin Diminta Bikin Blanja.com Setara Alibaba

Dalam keterangan yang dipaparkan pihak Telkom, satelit tersebut akan melalui proses yang panjang untuk bisa menempati orbitnya. Dalam waktu 17 menit perjalanan, jarak yang ditempuh baru 176 kilometer dari permukaan.

"Usai berada di luar atmosfer, roket akan melakukan pembukaan kepala. Itu dilakukan dalam ketinggian 252 kilometer. Lalu dijarak 1.564 kilometer dari bumi, terjadi pelepasan modul. Kemudian melakukan reorientasi arah satelit, mengecek sinyal kendali satelit yang diterima oleh stasiun di bumi, melakukan perputaran satelit menghadap matahari, lalu mulai pembukaan panel surya," ujar Arief Prabowo, VP Corporate Communication Telkom Indonesia, kepada Viva.co.id, Rabu, 15 Februari 2017.

Jadi Bos Telkom Diminta Perbaiki Indihome, Fajrin Rasyid: Insya Allah

Tidak sampai di situ, proses memasuki orbit perpindahan akan terjadi sehari kemudian, di jarak 10.320 kilometer. Setelah itu, dua hari kemudian, satelit akan melakukan perputaran memasuki orbit selancar (drift) di jarak 28.266 kilometer dari bumi. Lusa berikutnya, satelit akan memasuki orbit geostasioner di jarak 35.590 kilometer dari bumi, tepatnya pada tanggal 20 Februari 2017 waktu Indonesia. 

"Saat itu satelit akan melakukan sinkronisasi, perputaran modul, reorientasi, dan pembukaan panel surya sepenuhnya. Dan pada 24 Februari 2017 waktu Indonesia, satelit telah terparkir di orbit yang telah ditentukan, yakni di jarak 35.786 kilometer," paparnya.

Fajrin Rasyid Punya 'Panggilan Sayang' di Telkom

Dalam situs Arianepace dijelaskan jika misi mereka akan selesai di menit ke-53 namun proses untuk sampai ke orbit akan dilanjutkan oleh Thales Alenia Space selaku produsen satelit T3S. 

Untuk penempatan satelit Telkom 3S, Telkom memilih model pengadaan In Orbit Delivery (IOD), atau satelit akan diserahterimakan ke Telkom saat sudah berada di slot orbit 118 BT.

Selama proses peluncuran hingga dilepasnya satelit Telkom 3S dari roket atau sekitar 39 menit peluncuran akan menjadi tanggung jawab dari Arianespace. Setelah itu, Thales Alenia Space sebagai mitra pembuat satelit akan mengambil alih operasi hingga penempatan ke slot orbit. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya