Menkominfo dan Facebook Mau Bahas Perangi Hoax Sore Ini

Jejaring sosial Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA.co.id – Petang nanti Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo),  Rudiantara, bertemu dengan perwakilan Facebook di Gedung Kominfo. Pertemuan keduanya, salah satunya, guna membahas maraknya informasi atau berita palsu alias hoax yang menyebar di media sosial, salah satunya Facebook

Raffi Ahmad Geram Dituduh Lakukan Pencucian Uang, Begini Responnya

Dalam agenda resmi harian Kominfo, tercatat bahwa Menteri Rudiantara akan bertemu pada pukul 15.00-16.00 WIB. Para petinggi Facebook itu akan diterima di ruang tamu menteri.

"Iya, sore ini jam 15.00 (akan bertemu Facebook)," ujar Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo, Noor Iza, kepada VIVA.co.id, melalui pesan singkat, Selasa 14 Februari 2017.

Tanggapi Berita Hoax, Depe: Setiap yang Viral, di Situ Ada Dewi Perssik!

Lebih lanjut, usai pertemuan, akan diadakan konferensi pers terkait dengan pertemuan tersebut. Pertemuan itu akan menjelaskan kerja sama Kementerian Kominfo dengan penyedia aplikasi/konten OTT, Facebook dalam penanganan hoax.

Namun, sampai saat ini belum diketahui siapa petinggi Facebook yang datang untuk menemui Rudiantara nanti. Yang jelas, sebelumnya pria yang akrab disapa chief RA itu menegaskan bahwa petinggi Facebook yang dimaksud bukan Pendiri dan Chief Executive Officer Facebook, Mark Zuckerberg, tapi petinggi Facebook dari Asia Pasifik.

Dikabarkan Meninggal Dunia, Gilang Dirga Tak Marah, Kenapa?

Sebelumnya, Rudiantara dan petinggi Facebook telah berkomunikasi melalui video conference, ada beberapa hal yang disampaikan oleh Rudiantara. Di antaranya, kata dia, bahwa Indonesia adalah salah satu pasar terbesar bagi Facebook. Jadi, sudah semestinya Facebook juga harus memberikan perhatian.

Kedua, dia contohkan kepada Facebook, Prancis yang pasarnya lebih kecil dari Indonesia, mereka bisa bekerja sama dengan perusahaan teknologi raksasa Google untuk menumpas hoax selama pemilihan Presiden di sana.

Selain Facebook, Rudiantara juga akan bertemu dengan Twitter untuk membahas hal yang sama, tapi belum ditentukan jadwalnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya