TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Asteroid Sebesar Gedung Empire State, Siap Hancurkan Bumi

Ukurannya sebesar gedung Empire State
Asteroid Sebesar Gedung Empire State, Siap Hancurkan Bumi
Asteroid dalam perjalanan ke Bumi (ilustrasi) (dailymail.co.uk)

VIVA.co.id – Setelah sekian puluh tahun mengamati benda luar angkasa, dan menemukan puluhan ribu asteroid, badan luar angkasa AS akhirnya mengakui ada batu besar yang mengancam kehidupan bumi. Asteroid itu diberi nama 2015 BN509.

Batu luar angkasa itu ditemukan oleh NASA dan gerak-geriknya direkam The Arecibo Observatory di Puerto Rico. Bentuknya memang besar menyerupai sebuah kacang.

Dijelaskan ilmuwan NASA, 2015 BN509 memiliki bodi sebesar gedung Empire State dengan panjang 400 meter dan lebar 200 meter. NASA menganggapnya sebagai ancaman serius yang bisa menjadi alat penghancur bumi.

"Kecepatan batu luar angkasa itu sekitar 70.500 kilometer per jam. Lintasan pertama yang terdekat dengan bumi telah berlangsung pekan kemarin. Jarak terdekatnya sekitar 14 kali ketimbang jarak bumi ke bulan. Benar-benar ancaman," ujar Dr. Edgard Rivera-Valentin, ilmuwan planet dari University Space Research seperti dikutip dari Business Insider.

Dijelaskan Rivera, bentuk kacang yang menyerupai asteroid merupakan hasil dari kontak biner yang terjadi antara dua bagian pada asteroid. Kontak dua bagian itu sepertinya tidak sukses mengorbit satu sama lain dan jatuh bersamaan.

"Satu dari enam asteroid bisa dikategorikan sebagai objek dengan kontak biner," katanya.(adi)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP