Uji Kelayakan Tandai Satelit Telkom T3S Siap Meluncur

Direktur Network, IT and Solution Telkom Abdus Somad Arief
Sumber :
  • ArianeSpace/Telkom

VIVA.co.id – Satelit Telkom T3S dijadwalkan akan meluncur esok, 15 Februari 2017, atau tepatnya pada Rabu Subuh, pukul 04.39 WIB. Sebelum meluncur, satelit tersebut harus melewati dua tahapan yang diklaim telah diselesaikan hari ini.

Jadi Bos Telkom Diminta Perbaiki Indihome, Fajrin Rasyid: Insya Allah

Dua tahapan akhir dari persiapan peluncuran itu adalah general rehearsal dan lunch readiness review. Dalam keterangan resmi dari Telkom, Selasa, 14 Februari 2016, kedua bagian itu sudah selesai dilakukan kemarin, 13 Februari 2016.

“Syukur Alhamdulillah, kedua tahapan akhir yang sangat krusial telah terlewati. Hasil pengetesan semua item teknis launch vehicle dalam kondisi on track dan hijau. Tidak ada kondisi yang mempengaruhi jadwal peluncuran, dan telah diambil keputusan untuk go ahead sesuai jadwal,” ungkap Direktur Network, IT and Solution Telkom Abdus Somad Arief, atau yang akrab dipanggil Asa. 

Fajrin Rasyid Punya 'Panggilan Sayang' di Telkom

Asa, yang telah berada di Guiana Space Center, Kourou Frech Guiana, mengaku telah mengikuti Launch Readiness Review (LRR) meeting dengan sejumlah personil penanggung jawab peluncuran dari Thales Alinea Space sebagai produsen pembuat satelit Telkom 3S maupun dari Ariane Space sebagai perusahaan peluncur satelit.

Dijelaskan Asa, General rehearsal menjadi bagian terpenting yang harus dilewati sebagai pengecekan akhir terhadap seluruh kondisi teknis satelit sebelum diluncurkan. Pengecekan dilakukan dengan pengetesan sesuai cek list yang telah disiapkan. Cek list tersebut memastikan bahwa spesifikasi teknis dan fungsi-fungsi seluruh bagian satellit berada dalam kondisi baik dan dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Pakai Jalur Telkom, Netflix harus Mau Take Down Konten

Sedangkan  Launch Readiness Review  (LRR) merupakan pengecekan dan pengetesan seluruh elemen dan perangkat pendukung peluncuran, mulai dari kondisi roket sebagai launch vehicle yang siap meluncur hingga perangkat pendukung lainnya di area peluncuran.

Pada kesempatan tersebut juga, Abdus Somad Arief yang akrab disapa ASA didampingi tim teknis dari Telkom diberi kesempatan untuk membubuhkan tanda tangannya di atas fairing (tempat satelit) sebelum diletakkan di ujung roket peluncur.  Prosesi ini biasa dilakuan menyambut hari peluncuran Satelit yang menandakan satelit beserta roket peluncurnya telah siap diluncurkan.

Co-Founder and President of Bukalapak, Fajrin Rasyid

Mas Direktur Fajrin Diminta Bikin Blanja.com Setara Alibaba

Eks Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid jadi direksi Telkom.

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2020