Menanti Akses WiFi Gratis di Titik Tertinggi Dunia

Puncak Gunung Everest (Mount Everest)
Sumber :
  • famouswonders.com

VIVA.co.id – Otoritas telekomunikasi Nepal menyediakan akses WiFi gratis di titik tertinggi dunia, Mount Everest. Akses internet nirkabel gratis itu segera tersedia di Lukla-Everest Base Camp dan Annapurna Base Camp. Base camp ini berada di ketinggian 5364 meter di atas permukaan laut, dan akan menjadi lokasi tertinggi di dunia dengan akses gratis.

Laptop yang Bisa Menangkap Sinyal WiFi Ratusan Meter Dijual di Indonesia

Dikutip dari Sputniknews, Sabtu 11 Februari 2017, tersedianya akses WiFi ini sangat membantu pendaki dan masyarakat sekitar. Sebab akses telekomunikasi berbasis kabel sudah untuk mencapai area titik tertinggi dunia tersebut. 

Akses internet di wilayah Mount Everest sebelumnya sudah ada. Namun layanan internet nirkabel berbiaya US$5 per jam.

Pemkot Depok Sediakan 878 Titik Wifi Gratis Tanpa Password, Cek Posisinya

Nepal Telecommunications Authority berupaya menghadirkan kabel fiber optik di Mount Everest dengan menggunakan kabel model Okumara. Metode ini dianggap bisa bertahan dari cuaca dingin dan angin ekstrem. 

Nepal Telecommunications Authority (NTA) juga berencana mengenalkan sistem pemancar broadband nirkabel yang difungsikan mengirimkan sinyal gelombang mikro dari dan ke pegunungan tinggi tersebut. 

Gibran Rakabuming Buka Akses Wifi Gratis di Eks Rumah Dinas Jokowi

"Kami telah mendiskusikan proyek ini dengan International Telecommunication Union dan mereka sangat positif memberikan fasilitasnya," ujar Kepala NTA, Digambar Jha.

Otoritas Nepal mengatakan penambahan layanan WiFi di pegunungan tertinggi di dunia itu akan berguna meningkatkan layanan komunikasi dan layanan darurat.

Pada April 2015, 22 korban tewas akibat terkena longsoran salju. Banyaknya kasus kematian itu antaran misi penyelamatan terlambat datang akibat komunikasi yang buruk. 

Jha mengatakan, selain meningkatkan komunikasi, WiFi gratis itu bisa menarik kedatangan turis. Saat ini saja per tahun 35 ribu turis datang ke Mount Everest. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya