10-2-1996: Komputer Kalahkan Manusia

Pertandingan catur antara manusia dan komputer
Sumber :
  • www.mashable.com/Tom Mihalek

VIVA.co.id – 21 tahun lalu, komputer berhasil mengalahkan manusia dalam permainan catur. Pada 10 Februari 1996, komputer rancangan IBM, Deep Blue berhasil menang melawan juara dunia catur saat itu, Garry Kasparov. Saat dikalahkan komputer IBM itu, Kasparov berusia 32 tahun.

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Prestasi Deep Blue itu tergolong luar biasa. Sebab Kasparov telah menjadi grand master catur dunia sejak dia berusia 22 tahun. Selain itu Deep Blue bukan komputer sembarangan, sebab punya kemampuan mengevaluasi 200 juta langkah per detik. 

Dikutip dari History, Kamis 9 Februari 2017, setelah pertarungan selama tiga jam, Kasparov kalah dalam game pertama dari enam game yang diselenggarakan di Philadepphia, Amerika Serikat.

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Namun kemudian sang grandmaster bangkit, dan total bisa unggul secara keseluruhan. Kasparov memenangi tiga game dan imbang dalam dua game. Sang grand master itu membawa pulang hadiah US$400 ribu.
 
Pertandingan tersebut saat itu menyedot perhatian masyarakat dunia. Diperkirakan ‘adu otak’ antara Kasparov dengan Deep Blue disaksikan 6 juta orang di seluruh dunia dan di internet. 

Dikutip dari laman Mashable, pertandingan ulang antara Kasparov dan Deep Blue digelar setahun berikutnya, Mei 1997. Kasparov melawan Deep Blue yang sudah ditingkatkan kemampuannya oleh IBM. 

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Pertandingan pertama dilaksanakan pada 3 Mei. Hasilnya Kasparov mengalahkan Deep Blue pada game pertama hanya dengan 45 langkah. 

Kemudian Deep Blue membalas juara dunia tersebut pada game kedua pada 4 Mei. Deep Blue memenangi game kedua dan tiga game selanjutnya yang berlangsung pada 6, 7 dan 8 Mei, berakhir imbang. 

Dalam game pamungkas, pada 11 Mei 1977, Deep Blue secara mengejutkan memenangi game terakhir, hanya dalam 19 langkah. Tim IBM gembira namun Kasparov kecewa. Suasana tegang, sang grand master menuduh tim Deep Blue curang dan dia meminta pertandingan ulang. Tapi tuntutan itu ditolak tim IBM dan memutuskan memensiunkan Deep Blue seusai pertandingan. Dengan demikian, Deep Blue berhak atas hadiah US$700 ribu.

Pertandingan catur antara manusia dan komputer

Pertandingan Kasparov dengan komputer sebelumnya pernah dilakukan. Saat itu Kasparov bertanding melawan Deep Thought, purwarupa Deep Blue yang dikembangkan peneliti IBM pada 1989. Pada pertandingan melawan Deep Thought, Kasparov dan grand master catur lainnya saat itu kalah dari komputer IBM dengan cepat, dalam hitungan satu jam atau kurang dari satu jam. 

Pertandingan antara manusia dan komputer pada 10 Februari 1996 merupakan momen penting untuk pionir regulasi pertandingan catur antara manusia dan komputer. Saat itu diberlakukan skema pertandingan masing-masing pemain diberi waktu dua jam untuk bisa melakukan 40 langkah, dua jam untuk 20 langkah berikutnya, dan satu jam untuk menyelesaikan pertandingan. 

Pertandingan catur antara manusia dan komputer

Riwayat sang grand master

Laman History menuliskan, Kasparov dilahirkan pada 1963 di Baku, Azerbaijan. Bakat Kasparov dalam adu otak ini telah terlihat sejak masa remajanya. Pada usia 13 tahun, dia sudah menjadi juara catur junior di Uni Soviet. Kemudian pada usia 22 tahun, Kasparov menjadi juara dunia catur termuda dalam sejarah. Pencapaiannya mengalahkan rekor juara dunia legendaris Uni Soviet, Anatoly Karpov. 

Kasparov dikenal sebagai gaya permainan 'petualang' dalam pertandingan dan kemampuannya beralih taktik di tengah permainan. 

Pada 2003, Kasparov mencoba adu otak lagi dengan komputer, kali ini dia melawan Deep Junior yang berakhir imbang. Dua tahun setelah itu, Kasparov memutuskan pensiun dari dunia yang melambungkan namanya di dunia. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya