7-2-1984: Manusia Pertama Mengawang di Antariksa

Astronaut Bruce McCandless II
Sumber :
  • NASA

VIVA.co.id – 7 Februari 33 tahun lalu menjadi momen bersejarah bagi Badan Antariksa AS atau NASA dalam misi di antariksa bersama pesawat ulang alik Challenger dengan nama misi 41-B.

CEO Boeing Dave Calhoun Mengundurkan Diri Setelah Insiden Panel Kabin Lepas

Astronaut Bruce McCandless bermanuver di antariksa. Kapten Angkatan Laut tersebut keluar dari pesawat ulang alik Challenger dan terbang mengawang secara bebas di antariksa tanpa penambat dari pesawat tersebut. 

Dikutip dari History, Senin, 6 Februari 2017, McCandless terbang mengawang bebas dengan menggunakan roket berbentuk kursi buatannya sendiri yang dinamakan manned maneuvering unit (MMU). 

Mau Traveling ke Negara Asean? Ada Promo Terbang Gratis Sepuasnya Hingga Diskon Hotel

Laman Todayinsci menuliskan, McCandless terbang lepas dari Challenger dalam posisi ketinggian 273,5 kilometer di atas daratan Bumi. Saat bermanuver mengawang di luar angkasa itu, McCandless berada di garis singgung Challenger, dengan kecepatan manuver 17.500 mil per jam dan berada pada 320 kaki dari Challenger. 

Manuver tersebut menjadikan McCandless sebagai orang pertama yang mengawang di luar angkasa.  

Taklukkan Langit, Ini 5 Pesawat Italia Paling Mematikan di Perang Dunia II

Setelah duduk bermanuver selama 1,5 jam di luar Challenger, McCandless kemudian kembali masuk ke pesawat ulang alik itu dengan aman. 

Kemudian langkah McCandless diikuti astronaut lainnya, Robert Stewart, yang juga satu misi pada 41-B. Stewart mencoba bermanuver seperti McCandless. Stewart, yang merupakan Letnan Kolonel Angkatan Darat mencoba MMU yang dipakai rekannya sebelumnya. 

Astronaut Bruce McCandless II

Keduanya bermanuver bukan tanpa tujuan. Selama bermanuver dengan MMU, keduanya sambil mengecek MMU, terbang dari dan kembali ke Challenger, melatih upaya docking atau pengaitan, mengisi ulang tangki nitrogen MMU, mengumpulkan data teknik. 

Belakangan manuver dan MMU itu akan menjadi bekal dan landasan penting untuk operasi perbaikan satelit yang sedang mengorbit Bumi. Manuver keduanya juga menjadi landasan untuk misi memperbaiki, merakit dan merawat stasiun antariksa internasional. 

Astronaut Bruce McCandless II

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya