Ubah Televisi Jadi Komputer dengan USB PC Stick

Axioo USB PC Stick
Sumber :
  • Viva.co.id/Sarie

VIVA.co.id – Pasar PC atau komputer memang semakin tidak menentu karena dikanibal oleh laptop, tablet, hingga smartphone. Untuk menyiasatinya, vendor banyak yang mengeluarkan inovasi baru, salah satunya dengan membuat PC berukuran mungil, setara USB Drive.

Risma Belum Bisa Imbangi Khofifah untuk Pilkada Jawa Timur, Menurut Pengamat

Selain Intel (dengan Compute Stick) ada juga Lenovo (dengan Idea Centre Stick 300). Tak ketinggalan Axioo, salah satu produsen yang ikut memproduksi PC berukuran mini, USB PC Stick.

Axioo PC Stick dilengkapi system on chip (SoC) bertenaga Intel Atom Z3735F quad-core 1,33GHz (Turbo up to 1,83GHz), RAM 2GB (DDR3L-RS), ditambah memori internal 32GB. Pengolah grafisnya adalah Intel HD Graphics, yang serupa digunakan pada prosesor Ivy Bridge, yang mampu memberikan output hingga resolusi full HD (1080p). Fitur koneksi Bluetooth 4.0, WiFi 802.11 v/g/n pun disediakan PC Stick yang membawa sistem operasi Windows 8.1 ini.

Realisasi Investasi RI Kuartal I-2024 Tembus Rp 401,5 Triliun, 24,3 Persen dari Target 2024

Axioo PC Stick memiliki dimensi bodi 99,6mm x 37,6mm x 9.6mm. Memang benar-benar kecil. Namun, di sini sudah menyediakan port microUSB 2.0 (support OTG), port USB 2.0, dan slot microSD. Sementara itu, untuk terhubung ke perangkat TV atau media lainnya mengandalkan port HDMI.

Untuk bisa menggunakannya, televisi harus memiliki port HDMI. Sebelum mencolokkan ke lubang HDMI yang ada di TV, terlebih dahulu kaitkan kabel-kabel yang tersedia.

Benteng Vredeburg Yogyakarta Direvitalisasi, Bakal Ada Wisata Malam

Dalam kemasannya, selain batang USB PC, Axioo membekali juga dengan kabel charger yang harus dicolok terus menerus agar tetap memiliki daya dan aktif. 

Jika sudah tercolok, pilih saluran yang ingin digunakan pada TV ke saluran HDMI. Saat terhubung, tampilan pertama yang muncul adalah pilihan sistem operasi yang digunakan. Pengguna bisa memilih untuk menggunakan sistem operasi Windows Mobile atau Android.

Untuk mempermudah operasi dan penggunaan, kami mencoba memilih Android. Tampilan layar televisi pun berubah menjadi mirip layar smartphone berukuran besar, lengkap dengan menu dan fitur bawaan Google, termasuk Gmail, Youtube, Maps, dan lainnya.

Sebelum memulai fungsi komputer, pengguna juga harus mengatur koneksi wifi agar proses browsing dan penggunaan fitur lainnya lebih maksimal. Dan tidak lupa, agar memudahkan penelusuran, dibutuhkan mouse dengan kabel atau bluetooth. Port kabel mouse pun tersedia di PC Stick tersebut.

Dengan ini, menonton Youtube dan browsing menjadi lebih menyenangkan karena layarnya cukup lebar. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya