Telkomsel Bantu Pemkot Bandung Sosialisasi e-Musrenbang

Launching sistem aplikasi e-musrenbang Kota Bandung
Sumber :
  • dok. Tsel

VIVA.co.id – Pemerintah Kota Bandung sedang gencar melakukan sosialisasi aplikasi online Musyawarah Rencana Pembangunan atau e-Musrenbang. Untuk membantu memperlancar sosialisasi ini, Telkomsel memberikan bantuannya terkait dengan komunikasi dan data.

Jajaran Direksi Baru Telkomsel, Muka Lama Posisi Baru

Pemkot Bandung, dalam situs resminya menuliskan, setiap wilayah memiliki perencanaan yang berbeda-beda dan Bandung memiliki keunggulan dalam perencanaan partisipatif.

Salah satunya memperbaiki kualitas proses dan hasil pembangunan serta mendorong pengembangan tata pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Oleh karena itu, perencanaan pembangunan pun harus dimusyawarahkan agar semakin kuat.

Beda Layanan Volte Milik Telkomsel dengan Voice Calling WhatsApp?

"Manfaat e-Musrenbang agar seluruh RW, camat, lurah bisa lebih memahami serta dapat menggunakannya secara lancar. Dengan aplikasi e-Musrenbang, setiap usulan rencana pembangunan bisa dimasukkan lewat aplikasi tersebut sehingga dengan cepat rencana yang diusulkan bisa diterima," ujar Sekretaris Daerah Kota Bandung, Yossi Irianto.

Tidak tanggung-tanggung, acara sosialisasi ini melibatkan 1.500 RW dan 500 relawan di 151 kelurahan dan 30 kecamatan di Kota Bandung. Sudah pasti dibutuhkan komunikasi dan data yang mumpuni untuk bisa melancarkan sosialisasi ini.
 
General Manager Sales Regional Jabar Telkomsel Agustiyono menyerahkan bantuan layanan komunikasi secara langsung kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berupa 2.000 kartu perdana khusus komunitas untuk memudahkan penggunaan layanan aplikasi online e-Musrenbang Pemerintah Kota Bandung, yang merupakan hasil kreasi Ikatan Alumni ITB Jabar.
 
“Dukungan bagi Pemerintah Kota Bandung ini merupakan upaya kami untuk memaksimalkan perencanaan partisipatif dalam pembangunan kota. Tujuannya adalah untuk memperbaiki kualitas proses dan hasil pembangunan serta mendorong pengembangan tata pemerintahan yang transparan dan akuntabel melalui proses online,” kata Agustiyono, dalam keterangan resminya, Jumat 3 Februari 2017.
 
Usulan rencana pembangunan bisa disampaikan lewat aplikasi tersebut sehingga rencana yang diusulkan bisa diterima dengan cepat dan direspons Pemerintah Kota Bandung. 

Seberapa Jago Kamu Jualan Kolak?

“Kami berharap hadirnya layanan komunikasi Telkomsel dapat membantu dan memudahkan para RW dan relawan untuk berkoordinasi sekaligus berkomunikasi, memberikan usulan pembangunan yang tepat sasaran bagi seluruh masyarakat Kota Bandung sehingga solusi yang dihasilkan pun lebih optimal,” jelas Agustiyono.
 
Selain mempermudah komunikasi kartu perdana simPATI untuk telepon dan SMS gratis 24 jam sebulan, Telkomsel menghadirkan fitur layanan WEB2SMS sebagai fasilitas untuk menyampaikan informasi terkait perkembangan terkini dari Pemerintah Kota Bandung.

Cukup dengan melakukan aktivasi melalui SMS dengan mengetik CUG ON kirim ke 2323.
 
Selain itu, Telkomsel juga memberikan subsidi sebesar Rp300 ribu bagi 2.000 RW dan relawan untuk membeli smartphone sebagai penunjang penggunaan e-Musrenbang.

“Dengan jalur terintegrasi secara online dalam proses Musrenbang, Telkomsel akan terus memberikan dukungan untuk perkembangan Bandung sebagai Smart City,” ujar Agustiyono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya