Bukti Gunung Berapi di Mars Meletus 2 Miliar Tahun Lalu

Meteorit berusia 2,4 miliar tahun dari Planet Mars
  • www.uh.edu

VIVA.co.id – Tim peneliti Purdue University, Amerika Serikat menganalisis temuan meteorit di Aljazair, Afrika Utara pada 2012. Ilmuwan memperkirakan meteorit tersebut berusia 2,4 miliar tahun dan berasal dari letusan gunung berapi di Planet Mars.

Profesor Fisika dan Astronomi Universitas Purdue sekaligus yang anggota tim peneliti, Marc Caffee mengatakan, sebelumnya gunung berapi di Mars adalah yang terbesar di Tata Surya. Tapi, dengan penemuan meteorit berusia 2,4 miliar tahun tersebut, artinya gunung berapi di Mars juga merupakan yang tertua sepanjang sejarah.

Meteorit berlabel Northwest Africa 7635 itu, kata Caffee, memiliki berat 6,9 ons. Dia mengatakan, objek seperti Northwest Africa 7635 belum pernah ditemukan di Bumi sebelumnya.

“Penelitian meyakini bahwa benda kosmik lain menabrak Mars sekitar satu juta tahun yang lalu dan menabrak gunung berapi atau dataran lava. Selama dampak ini, batu-batu itu dikeluarkan ke ruang angkasa dan fragmen melintasi orbit bumi dan hujan di planet kita sebagai meteorit,” kata Caffee seperti dilansir Daily Mail, Jumat 3 Februari 2017.

Caffee menjelaskan, telah ada 11 meteorit yang ditemukan mengarah kepada puing bukti gunung berapi di Mars. Ke-11 meteorit, termasuk meteorit Northwest Africa, ditelaah punya komposisi kimia yang sama, itulah mengapa disimpulkan berasal dari sumber vulkanik yang sama.

Sepuluh meteorit tersebut diperkirakan berusia sekitar 500 juta tahun, hanya Northwest Africa 7635 yang berusia 2,4 miliar tahun. Ilmuwan menduga, 10 meteorit tersebut kemungkinan terbentuk dari pendinginan magma setengah miliar tahun yang lalu di permukaan Mars.

Planet Mars sudah lama punya area gunung berapi yang paling megah dan terbesar di Tata Surya, gunung berapi itu dikenal dengan Olympus Mons. Diperkirakan Olympus Mons memiliki tinggi hampir 17 mil, setara tiga kali lipat ketinggian gunung berapi tertinggi di Bumi, Mauna Kea dengan tinggi 6,25 mil.

Planet Tetangga Bumi akan Hilang 2 Minggu
Ilustrasi koloni manusia di Planet Mars.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya