Mengenang Pendaratan Mulus Pertama di Bulan

Luna 9
Sumber :
  • www.space.com/NASA

VIVA.co.id – Pada 51 tahun lalu, pendaratan pertama di permukaan Bulan terjadi. Pesawat antariksa tanpa awak Uni Soviet, Luna 9 sukses mendarat di Ocean of Storm, permukaan Bulan. Luna 9 mendarat mulus di permukaan Bulan pada pukul 21.45 waktu Moskow. 

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Dikutip dari BBC, Kamis 2 Februari 2017, Luna 9 merupakan bukti keberhasilan pertama Uni Soviet mendaratkan stasiun percobaannya secara utuh di permukaan satelit Bumi. Upaya sebelumnya, Uni Soviet beberapa mengalami kegagalan. 

Setelah mendarat, Luna 9 mulai mengambil gambar sekitar pendaratan.Setelah mendarat, empat kelopak menstabilkan Luna 9 dan empat antena diperpanjang untuk mendukung pengiriman gambar. 

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Luna 9 mencetak sejarah, sebab gambar yang diambil tersebut merupakan gambar pertama yang diambil dari permukaan Bulan. Saat itu, area yang menjadi 'jepretan' Luna 9  yakni sisi barat kawah Reiner dan Marius di Ocean of Storm. 

Pada awalnya, pemerintah Uni Soviet menunda rilis gambar permukaan Bulan tersebut, entah apa alasannya. Tapi tak lama, Uni Soviet kemudian merilis foto di Bulan ke berbagai belahan dunia. 

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Foto permukaan Bulan yang diambil Luna 9

Pendaratan dan pengambilan gambar Luna 9 juga menunjukkan jejak foto yang dikirim kembali oleh misi tak berawak AS, Ranger. Saat itu wahana AS itu mengirimkan gambar permukaan Bulan yang tak tertutupi lapisan lembut debu, karena diduga dampak atmosfer Bulan. 

Dalam konferensi pers, ilmuwan Uni Soviet saat itu mengatakan di titik lokasi pendaratan Luna 9, permukaan Bulan tampak berbatu. Saat itu ilmuwan tersebut mengatakan, daratan Bulan terbuat dari lava atau batuan vulkanik mirip batuan berpori yang berwarna gelap coklat. 

Pendaratan Luna 9 disambut di Bumi. Perusahaan pembuat teleskop radio Inggris, Jodrell Bank gembira dengan pencapaian tersebut. Direktur Jodrell Bank, Sir Bernard Lovell mengatakan pendaratan Luna 9 merupakan momen penting.

"Ini adalah momen bersejarah. Itu adalah pencapaian terakhir yang dibutuhkan untuk pendaratan berawak di Bulan," kata dia. 

Luna 9 diluncurkan dari daratan Bumi pada 31 Januari 1966 dan sampai di permukaan Bulan pada 3 Februari 1966. 'Usia' Luna 9 hanya bertahan tiga hari setelah pendaratan. Pada 6 Februari 1966, daya baterai Luna 9  habis dan kendali misi kehilangan kontak dengan Luna 9. Selama tiga hari di permukaan Bulan, Luna 9 berhasil mengirimkan kembali 9 gambar ke Bumi. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya