Tumpas Hoax, Menkominfo Akan Bertemu Facebook dan Twitter

Menkominfo Rudiantara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Perwakilan Facebook dan Twitter akan menemui Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, soal konten di media sosial. Pertemuan ini berkaitan dengan maraknya informasi atau berita palsu (hoax) yang menyebar di media sosial.

Gelombang PHK Startup Unicorn dan Decacorn, Ini Nasihat Eks Menkominfo

Sejatinya, pertemuan wakil Facebook dari global dilangsungkan akhir Januari ini. Namun, karena ada faktor lain, sehingga pertemuan tersebut dialihkan melalui video conference.

"Nggak jadi, baru minggu depan tanggal 6 Februari. Tadinya ada perwakilan Facebook dari global mau datang, tapi karena suaminya meninggal, jadi nggak jadi. Nanti lewat video conference dulu," ungkap Rudiantara ditemui usai peresmian program Born to Control di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin, 30 Januari 2017.

Merdeka dari Kominfo, Rudiantara: Ada yang Suka dan Kurang Suka

Sementara itu, untuk pertemuan dengan tim dari Twitter, Rudiantara mengatakan bahwa itu tak usah diambil pusing. Karena kantor perwakilan media sosial berlogo burung biru ada di Indonesia.

"Kantor mereka kan ada di Indonesia," ucap pria yang sering disapa Chief RA ini.

Rudiantara Pakai Baju Putih, Dipanggil Jokowi ke Istana?

Meski Twitter memiliki kantor perwakilan di Indonesia, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan bahwa nanti ada tim Twitter dari Australia datang untuk membahas soal hoax.

Seperti diketahui, penyebaran hoax semakin merajalela di dunia maya, tak terkecuali dengan peredaran yang ada di media sosial. Pemerintah Indonesia menyampaikan ketertarikannya untuk mengikuti jejak Jerman yang akan memberi denda sebesar Rp7 miliar untuk setiap postingan di Facebook.

Sebelumnya, Semuel pernah mengatakan bahwa denda itu bisa saja diadopsi oleh Indonesia. Namun, denda adalah solusi terakhir bila koordinasi antarkedua pihak masih buntu untuk berantas hoax di media sosial. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya