Hoax Masih Terus Bertebaran, Kenali Ciri-cirinya

Aksi kampanye anti-hoax di Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Sampai saat ini masih banyak bertebaran informasi tidak jelas kebenarannya yang kemudian mengarah pada hoax. Kabar bohong ini terus muncul lantaran memang mudah diproduksi, disebarkan dan kultur pengguna internet Tanah Air yang gemar berbagi tanpa mengecek kebenaran informasi. 

Tanggapi Berita Hoax, Depe: Setiap yang Viral, di Situ Ada Dewi Perssik!

Guru Besar Ilmu Komunikasi dari Universitas Airlangga Surabaya, Henry Subiakto, mengungkapkan banyak pihak yang memanfaatkan informasi yang belum lengkap (premature fact) dengan informasi spekulatif, hasil interpretasi, atau bahkan rekaan yg sesuai kecenderungan sikap atau kepentingan mereka.

"Hoax inilah yg muncul melengkapinya. Hoax diproduksi untuk membenarkan misi, atau sikap, atau kepentingan dari para penyebar hoax yang menghalalkan kebohongan," kata Henry kepada VIVA.co.id, Senin 30 Januari 2017. 

Dikabarkan Meninggal Dunia, Gilang Dirga Tak Marah, Kenapa?

Parahnya, kata dia, korban hoax sering tak sadar pikirannya sudah diarahkan hoax yang tersebar melalui grup pesan instan atau media sosial. Untuk itu, staf khusus Menteri Komunikasi dan Informatika bidang komunikasi dan media massa itu mengingatkan publik untuk teliti dengan tiap informasi yang masuk. 

Guna membantu publik untuk mengidentifikasi potensi hoax, Henry mengatakan masyarakat bisa melihat ciri-ciri hoax yang umumnya bisa dilihat. 

Heboh, Warga Tasikmalaya Diterpa Berita Hoax Kiai Tewas Bersimbah Darah

Berikut ciri-ciri hoax:

1. Sumber yang membuat tidak jelas sehingga tidak bisa dimintai pertanggungjawaban. 

2. Pesannya sepihak, hanya membela atau menyerang saja.

3. Sering mencatut nama nama tokoh seakan berasal dari tokoh itu. 

4. Memanfaatkan fanatisme dengan nilai-nilai ideologi atau agama untuk meyakinkan.

5. Judul atau tampilan provokatif.

6. Judul dengan isi atau link yang dibuka tidak cocok.

7. Minta supaya di-share atau diviralkan.

"Kalau ketemu pesan yang memenuhi sebagian ciri ciri seperti ini, jangan mudah percaya, dan jangan di-share. Itu jelas mengindikasikan ciri-ciri hoax," ujar Henry. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya