Apa Kabar Geevv, Mesin Pencari Sosial Karya Mahasiswa UI?

Mesin pencari sosial buatan mahasiswa UI, Geevv
Sumber :
  • Geevv

VIVA.co.id – Geevv, platform buatan anak negeri telah hadir sejak tahun lalu memberi solusi sebagai mesin pencari informasi semacam Google. Bedanya, Geevv merupakan mesin pencari sosial. 80 persen penghasilan Geevv disumbangkan untuk donasi sosial. 

Jejeran 'Search Engine' Pengganti Google, Nomor 5 Ramah Keluarga

Setelah dihadirkan sejak September tahun lalu, pada platform Geevv kini tersedia lebih dari 5,53 miliar pencarian setiap harinya. Itu artinya lebih dari 166 miliar pencarian dilakukan setiap bulan. Dengan rata-rata penghasilan iklan dari setiap pencarian bernilai Rp3 ribu, maka potensi penghasilan iklan yang terkumpul adalah Rp498 triliun setiap bulannya.

"Bayangkan jika penghasilan dari setiap pencarian dikonversikan menjadi donasi untuk mengatasi masalah sosial di Indonesia. Kita dapat membantu 9.960.000 anak Indonesia untuk mengakses pendidikan tinggi setiap bulannya. Atau bahkan membangun 4.256 rumah sakit di seluruh Indonesia setiap bulan," tulis Geevv dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Kamis 26 Januari 2017.

Apakah DuckDuckGo Jadi Pilihan Apple?

Dalam konsepnya, mesin pencari buatan mahasiswa Universitas Indonesia itu tidak hanya memberikan pengguna informasi yang dicari, tapi juga kesempatan untuk menolong sesama secara tidak langsung. Geevv berkomitmen untuk mendonasikan 80 persen profit dari penghasilan iklan untuk program-program sosial di bidang kesehatan, pendidikan, dan upaya pengentasan kemiskinan.

Konsep yang ditawarkan Geevv cukup sederhana. Setelah pengguna melakukan pencarian di bar pencarian, kemudian Geevv akan memberikan informasi yang dibutuhkan. Setiap iklan yang diklik saat melakukan pencarian, akan menghasilkan penghasilan iklan bagi Geevv. Penghasilan iklan itu nantinya akan disalurkan kepada mitra program sosial untuk dikelola. 

HUT ke-25 Google, Seperempat Abad Menuju Masa Depan

"Pengguna dapat mengetahui berapa jumlah donasi yang terkumpulkan lewat ikon kalkulator donasi yang ada di tampilan Geevv," tulis Geevv. 

Mengenai pendanaan, saat ini Geevv telah mendapatkan sokongan dari sebuah perusahaan family office investment di Indonesia yakni RnB Fund. 

Dengan terbentuknya Geevv, ini berarti mesin pencari lokal  dari Indonesia bertambah. Sebelumnya sudah muncul mesin pencari dari Tanah Air seperti cangkok.com, findtoyou.com, tukangcari.com dan lainnya. 

Geevv optimis untuk mendapatkan setidaknya 2 persen dari pangsa pasar mesin pencari di Indonesia dalam waktu dua tahun. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya