5 Teknologi Prediksi IBM yang Bakal Booming pada 2022

Intel memperkenalkan chip mini untuk perangkat wearable
Sumber :
  • www.gizmodo.com

VIVA.co.id – Perusahaan teknologi IBM memang kerap membuat prediksi untuk masa depan dunia. Dalam laporan '5 in 5' yang dikeluarkan baru-baru ini, IBM kembali memberikan lima teknologi yang diprediksi bakal booming dalam lima tahun ke depan, atau sekitar 2022.

Indonesia Didorong Kembangkan Solusi Cognitive Computing

Beberapa teknologi tersebut dianggap IBM akan memiliki dampak yang cukup besar dalam kehidupan manusia lima tahun lagi. Di antaranya seperti artificial intelligence (AI), teleskop ultra-powerful, sensor pintar, dan perangkat kesehatan yang canggih.

Berikut lima teknologi yang diprediksi IBM bakal mengubah kehidupan di 2022, dilansir dari Science Alert,

Manfaat 'Dark Data' Bagi Industri dan Bisnis

1. AI yang bisa mendeteksi kesehatan hanya dengan mengobrol
IBM memprediksi dalam lima tahun ke depan, apa yang kita katakan dan tulis bisa digunakan sebagai indikator kesehatan mental dan psikis. Misalnya saja, penyakit seperti Parkinson, atau sekadar demam pada tubuh.

Tahun lalu, tim dari University of Southern California membuat program yang bisa mendeteksi apa saja hanya dengan mengkalkulasi pola bicara.

Intip KiloCore, Prosesor dengan 1000 Core Buatan IBM

2. Penglihatan layaknya pahlawan super
Menurut IBM, mata manusia sangat canggih, terdiri dari banyak perangkat biologis. Jika dikombinasikan dengan kamera kecil dan prosesor AI, mata manusia bisa melihat lebih dalam lagi, ketimbang normal. Manusia bisa melihat objek berukuran microwave, milimeter wave, sampai infra merah.

Sebelumnya, perangkat seperti ini telah dibuat dengan bentuk kacamata, EnChroma. Kacamata ini bisa membuat orang buta melihat kembali. Meski baru prototipe, pada 2022 bisa jadi kacamata itu dijual bebas.

3. Makroskop yang bisa melihat detail bumi
Google Earth mungkin hanya teknologi awal. Ke depan, berkat pencitraan satelit, manusia bisa melihat bumi secara detail. Data yang didapat pun tidak hanya dari satelit, sensor pintar atau badan cuaca tapi lebih dari itu, dengan kemampuan yang lebih terorganisir.

4. Labs on a chip dalam dunia kesehatan
IBM juga memprediksi jika teknologi kesehatan akan jauh lebih maju dalam lima tahun ke depan. Ini sejak ditemukannya sebuah chip yang berukuran sangat kecil dan bisa disematkan ke dalam tubuh, atau kulit manusia.

"Mirip dengan lab di dalam sebuah chip, yang berfungsi sebagai penghantar teknologi nano yang bisa mendeteksi keadaan tubuh, baik mengetahui penyakit, kekurangan tidur, kekurangan cairan, atau saatnya menemui dokter," ujar IBM.

5. Sensor pintar
Sensor pintar ini bisa mendeteksi polusi lingkungan dengan cepat, bahkan dalam hitungan detik. Menurut IBM, ini merupakan hasil nyata dari perpaduan perangkat keras dan analisa AI. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya