Sonar, Startup Lokal untuk Analitik dan Monitoring Media

Pihak Indigo Telkom berbincang dengan manajemen Sonar.
Sumber :
  • Telkom

VIVA.co.id – Penyedia aplikasi bidang analitik dan monitoring media digital dan big data memang banyak namun hampir tidak ada yang berasal dari lokal. Sebagai program pembinaan startup, Indigo Telkom berhasil menemukan startup lokal di bidang tersebut, Sonar.

Penipu Makin Jago, GoFood Kian Peduli Keamanan Data Pribadi

Perusahaan rintisan itu telah dua tahun berdiri dan hingga saat ini, usai mendapatkan binaan dari Indigo Telkom, puluh klien telah berebut menggunakan jasanya. Bahkan mereka mengklaim telah ada sekitar 29 klien yang menggunakan jasanya sampai awal tahun ini.

"Kami baru saja mendapat persetujuan kerja sama dengan Indosat dan Home Credit. Klien kami yng lain yakni XL Axiata, Pertamina, Bank Indonesia, Microsoft, Hewlett Packard, Freeport, dan Air Asia. Tahun ini kami targetkan bisa ekspansi ke luar negeri," kata CEO Sonar, Amien Krisna, di Jakarta, 23 Januari 2017.

Nilai Bisnis juga Tidak Kalah Penting di Era Digital

Negara yang akan menjadi target ekspansinya, kata Amien, adalah kawasan regional seperti Filipina, Singapura, Malaysia dan Australia. Bahkan aplikasi Sonar juga dikabarkan telah digunakan oleh Telkom Group, melali divisi digital service, guna menganalisa big data dari pekerjaan di Kementerian Pariwisata dan Kementerian Perhubungan. 

"Kami dilibatkan dalam analisa big data terkait arus Lebaran, demikian pula Kementerian Pariwisata, sehingga dasar keputusan bisa lebih kuat diambil. Dalam waktu dekat, kami juga akan dipertemukan dengan Telkomsel," sambungnya. 

Japan-Indonesia Innovation Summit 2022 Wadah Global Startup Lokal

Dengan klasifikasi validasi pasar pada 2016 lalu, diketahui bahwa Indigo memberikan dana sebagai kompensasi saham minoritas, maksimal Rp2 miliar.  Sonar disamakan dengan platform sejenis seperti Brandtology, Radian6 milik Salesforce, dan Sysomos.

Hebatnya, Sonar sejak awal telah bekerjasama langsung dengan Twitter, Inc, sehingga proses pengambilan data percakapan langsung dari sistem internal perusahan tersebut, bukan sekedar menangkap dari peranti lunak penyambung. 

Sonar, sambung dia, juga sudah memasang sistem pemantauan sedikitnya 100 media massa daring di Indonesia, sehingga pelaporan dalam dashboard lebih komprehensif karena dipadukan dengan analitik media sosial tadi. Selain itu, ada pemindaian terhadap Facebook dan Instagram serta lima forum digital terbesar, bahkan pada blog berbasis Blogspot dan Wordpress. 

Secara sistem, Sonar mengklaim algoritma yang mereka buat lebih modern dan canggih. Ini membuat proses pencuplikan, pemrosesan, hingga pelaporan data dibuat lebih digital dengan kecepatan dan keakuratan dari sisi waktu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya