11 Spesies yang Namanya Diambil dari Selebriti

Ulat bulu di hutan pedalaman Amazon ini dianggap mirip rambut Donald Trump.
Sumber :
  • livescience.com

VIVA.co.id – Bagi para ilmuwan, ternyata tidak mudah memberikan nama bagi spesies yang baru ditemukannya. Biasanya mereka menggunakan nama sang penemu spesies tersebut namun tidak jarang juga yang diberikan nama berdasar penghormatan sang penemunya kepada selebriti ternama.

Pria Afrika Selatan Ditangkap di Singapura Usai Menyeludupkan 34,7 Kg Cula Badak yang Dilindungi

Laman Time menemukan setidaknya ada 11 spesies yang namanya mirip  dengan orang-orang terkenal. Berikut ini 11 spesies baru di bumi yang namanya diambil dari nama selebriti ternama di dunia.

1. Neopalpa donaltrumpi
Baru-baru ini ditemukan sebuah spesies ngengat yang dinamakan sesuai nama Presiden Amerika terpilih. Ngengat itu dinamakan Neopalpa donaldtrumpi karena bentuk kepalanya memiliki sayap bertumpul yang mirip dengan rambut. Ditambah warnanya kuning, mirip gaya rambut Donald Trump. Spesies ini ditemukan oleh Vazrick Nazari, ahli biologi dari Kanada.

Begini Penampakan Beruang Hasil Perkawinan Silang Antarspesies

2. Skywalker hoolock gibbon
Dinamakan setelah karakter pahlawan dalam film Star Wars, Luke Skywalker. Spesies primata ini hanya ada 200 ekor dan tinggal di China. 

3. Pachygnatha zappa
Ini adalah nama laba-laba di Kamerun yang salah satu bagian tubuhnya mirip dengan potongan kumis Frank Zappa, musisi legendaris asal Amerika.

Geger Penemuan Ular Spesies Baru, Kelaminnya Dua dan Nonjol Keluar

4. Gaga monstraparva
Pelantun Telephone, Lady Gaga, mendapat penghormatan dari ilmuwan di Duke University. Namanya diabadikan menjadi nama salah satu genus pakis yang ditemukan pada 2012. Pakis itu mirip dengan pakaian yang digunakan Gaga saat menghadiri Grammy Awards ke-52.

5. Avahi Cleese
Ini merupakan nama untuk kukang berbulu lebat yang ditemukan di bagian barat Madagaskar. Dinamakan setelah nama aktor asal Inggris, John Cleese.

6. Hyloscirtus princecharlesi
Sudah pasti semua tahu jika hewan ini menggunakan nama Pangeran Charles dari Inggris. Spesies ini merupakan salah satu jenis kodok pohon yang ditemukan di Ekuador.

7. Agaporomorphus colberti
Diambil dari nama selebriti Hollywood, Stephen Colbert. Ini adalah sejenis kumbang dari Venezuela, ditemukan oleh entomolog asal Amerika, Quentin Wheeler dan Kelly Miller.

8. Agathidium vaderi
Menggunakan nama Darth Vader, salah satu karakter antagonis di Star Wars. Kumbang ini berwarna hitam dengan bodi yang seolah menggunakan tudung dan helm, mirip Darth Vader.

9. Agathidium cheneyi
Dari nama Dick Cheney

10. Jaggermeryx naida
Spesies hipo yang hampir punah. Diambil dari nama Mick Jagger

11. Agra schwarzeneggeri
Diambil dari nama aktor dan mantan gubernur California, Arnold Schwarzenegger.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya