Meditasi dan Musik Bantu Kembalikan Memori yang Hilang

Ilustrasi Alzheimer
Sumber :
  • pixabay/geralt

VIVA.co.id – Studi yang dilakukan oleh peneliti dari West Virginia University menyatakan bahwa mendengarkan musik dan meditasi, dapat mengembalikan ingatan penderita tahap awal penyakit alzheimer. Tanda awal alzheimer adalah dengan kehilangan memori pada orang dewasa. 

Hipertensi Ancam Pikiran! Kontrol Tekanan Darah Seumur Hidup untuk Hindari Demensia

Dilansir Science Daily,  Senin, 23 Januari 2017, kesimpulan ini dibuktikan para peneliti dengan riset terhadap 60 orang dewasa yang terdeteksi terjadi penurunan subjektif kognitif otak atau subjective cognitive decline (SCD).

Terapi mendengarkan musik dan meditasi dilakukan puluhan orang dewasa tersebut selama 12 menit per hari, sampai 12 minggu. Terbukti selama tiga bulan awal,  fungsi memori subjektif dan kinerja kognitif mengalami perubahan yang signifikan. 

Strawberry Consumption Can Prevent from Depression

"Mungkin akan terpengaruh dalam tahap praklinis dan awal demensia, misalnya, perhatian, fungsi eksekutif, kecepatan pemrosesan, dan fungsi memori subjektif. Keuntungan besar diamati pada memori dan kognisi dipertahankan atau lebih meningkat setelah 6 bulan (terapi)," jelas Kim Innes, yang memimpin penelitian. 

Innes menambahkan,  untuk terapi meditasi dan mendengarkan musik ini para responden mengaku terjadi peningkatan kualitas tidur, mood, stres, kesejahteraan dan kualitas hidup. 

Study Reveals Owning Cat or Dog Can Slow Down Cognitive Decline
Ilustrasi demensia atau pikun.

Dipengaruhi Hipertensi, Gimana Cara Cegah Demensia di Usia Senja?

Kondisi yang biasa disebut pikun ini juga berkaitan erat dengan masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi yang dialami oleh penderitanya.

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2024