Smartphone Ecek-ecek Bisa Cicipi 4,5G

Group Head Network Strategy and Solution Indosat Ooredoo, Yune Marketatmo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Indosat Ooredoo telah menerapkan jaringan 4,5G sejak 2016. Indosat menyebutkan pelanggan dengan smartphone kategori ecek-ecek pun kini bisa menikmati internet cepat hingga 300 Mbps.

Respons Gibran Soal Indosat dan Nvidia Akan Bangun Pusat Pengembangan Kecerdasan Buatan di Solo

Group Head Network Strategy and Solution Indosat Ooredoo, Yune Marketatmo mengatakan, jaringan 4,5G sudah bisa dinikmati semua smartphone 4G, baik yang kategori ecek-ecek hingga premium.

"Enggak peduli itu smartphone ecek-ecek atau premium, smartphone yang beredar di pasar sekarang bisa menikmati jaringan 4,5G," ucap Yune di Kantor Pusat Indosat Ooredoo, Jakarta, Rabu 18 Januari 2017.

Akankah Terjadi Merger Lagi antar Operator Seluler di Indonesia?

Namun, Yune mengatakan, ponsel pintar harga Rp1 jutaan itu tentunya tidak bisa merasakan teknologi Carrier Aggregation yang sudah disediakan oleh Indosat Ooredoo. Yune mengungkapkan, yang bisa merasakan Carrier Aggregation yakni smartphone premium.

Yune menjelaskan, teknologi 4,5G ini memberikan internet cepat dua kali lipat daripada 4G. Bila kecepatan maksimal internet pada jaringan 4G bisa sampai 150 Mbps, maka 4,5G memungkinkan dapat menerima kecepatan hingga 300 Mbps.

Dua Komisaris Indosat Kompak Mengundurkan Diri, Ada Apa?

Sampai saat ini, sudah ada tiga kota yang mencicipi 4,5G dari Indosat Ooredoo, yaitu Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Untuk kota 4,5G selanjutnya, Yune mengungkapkan, hal itu tergantung dari permintaan kapasitas dari daerahnya.

Yune mengatakan, penerapan 4,5G ini sudah bagian dari fokus Indosat Ooredoo. Terbukti sekitar 60 persen belanja modal Indosat Ooredoo itu alokasikan untuk 4G, yang mana mayoritasnya untuk implementasi 4,5G.

"Bila kapasitas di suatu daerah atau kota sudah penuh dan butuh kapasitas, maka kita buka 4,5G, kan kita sudah modernisasi lebih dari 80 persen BTS kita. Jadi, kalau mau 4,5G di suatu kota, maka kita tinggal buka dengan perbarui software saja," tutur dia. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya