Indosat Ooredoo Ancang-ancang 5G di Indonesia

Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo, John M. Thompson
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Mengikuti laju perkembangan generasi jaringan di dunia, Indosat Ooredoo menyatakan telah siap melayani pelanggan dengan koneksi jaringan 4,5G. Indosat Ooredoo mengatakan, pelanggannya sudah bisa merasakan koneksi internet kecepatan maksimal sampai 300 Mbps.

Respons Gibran Soal Indosat dan Nvidia Akan Bangun Pusat Pengembangan Kecerdasan Buatan di Solo

Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo, John M. Thompson mengatakan, Indosat Ooredoo telah mempersiapkan jaringan 4,5G sejak jauh-jauh hari. Perkembangan jaringan terbaru itu dilakukan sejak 2012 seiring modernisasi yang dilakukan Indosat Ooredoo terhadap Base Transceiver Station (BTS) miliknya.

"Kita sudah menyiapkan jaringan 4,5G sejak 2012 seiring dengan modernisasi yang kita lakukan. Sudah lebih dari 80 persen dari total BTS kita lakukan modernisasi," ujar John di Kantor Pusat Indosat Ooredoo, Jakarta, Rabu 18 Januari 2017.

Akankah Terjadi Merger Lagi antar Operator Seluler di Indonesia?

John menuturkan, setelah meremajakan keseluruhan BTS milik Indosat Ooredoo, perusahaan beberapa bulan kemarin telah menyiapkan agar jaringan 4,5G bisa dinikmati oleh pelanggan. "Peremajaan dengan modernisasi BTS kita sudah dilakukan, sekarang untuk merasakan 4,5G ini kita hanya melakukan aktivasi saja, perbarui software," ucap John.

Di samping itu, John mengatakan, Indosat Ooredoo yang berada di bawah naungan Ooredoo Group ini tengah mempersiapkan jaringan 5G. Beberapa bulan yang lalu, Ooredoo telah menguji coba jaringan 5G. "Ooredoo telah menguji jaringan 5G di Qatar beberapa bulan lalu. Dari uji coba tersebut, kecepatan koneksi internetnya bisa mencapai 35 Gbps," ucapnya.

Dua Komisaris Indosat Kompak Mengundurkan Diri, Ada Apa?

Meski telah menguji jaringan 5G, tetapi Ooredoo atau Indosat Ooredoo belum mengetahui kapan implementasi penggunaan 5G di Indonesia. Salah satu kendala ekosistem belum mendukung dan ponsel yang mendukung 5G juga belum ada. "5G itu adalah jaringan yang akan datang, tapi sekarang belum bisa (diterapkan)," kata dia.

Seperti diketahui, jaringan 5G baru akan diperkenalkan kepada publik pada 2020, bersamaan dengan momen pesta olahraga akbar dunia, yakni Olimpiade yang diselenggarakan di Jepang.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya