Asisten Virtual Nokia, Viki Siap Saingi Siri dan Cortana

Kantor Pusat Nokia di Finlandia.
Sumber :
  • REUTERS/Antti Aimo-Koivisto/Lehtikuva

VIVA.co.id – Pencinta teknologi dunia kini sedang menanti kehadiran smartphone baru Nokia yang bernama Nokia 6. Produknya belum muncul, Nokia sudah mengundang perhatian dengan pengembangan asisten virtual yang bernama Viki. 

Indosat Usung Garuda untuk Melestarikan Bahasa Indonesia

Dengan mengembangkan Viki, maka Nokia dipandang akan ‘berperang’ melawan asisten virtual lain seperti Siri, Cortana, dan Alexa. 

Berdasarkan laporan dari laman GSMInfo yang dikutip Tech Times, Rabu 18 Januari 2017, Nokia dikabarkan sudah mengajukan merek Viki di Uni Eropa. Dalam dokumen pengajuan merek tersebut, Nokia mendeskripsikan sedang mengembangkan asisten virtual milik mereka yang akan bersaing dengan Cortana dan Siri.  

Ponsel Nokia Masih Ada

"Viki merupakan software untuk penciptaan dan pemantauan mobile, serta asisten web yang bekerja dengan pengetahuan digital dan mengombinasikan semua sumber data ke dalam percakapan tunggal serta antarmuka berbasis suara," tulis Nokia dalam dokumen pengajuannya. 

Kemungkinan, Nokia akan menghadirkan Viki pada smartphone anyar mereka, Nokia 6 yang akan diproduksi dengan menggandeng produsen manufaktur asal Finlandia, HMD Global. 

Samsung Lagi Kembangkan 6G

Kehadiran Viki perlu dilihat apakah bisa betul-betul mengusik kemapaman Siri, Cortana, dan Alexa yang akan diintegrasikan pada smartphone Huawei. 

Asisten virtual Apple, Siri, selama ini memang cukup mapan. Siri terintegrasi dengan smartphone Apple dengan membawa banyak fitur, misalnya mengatakan nama dan nomor pemanggil, memesan aplikasi transportasi Uber dan Lyft, menempatkan WhatsApp Call dan foto dengan mudah. 

Bicara pesaing, laman Tech Times menuliskan, kompetitor terbesar Viki kemungkinan adalah Google Assistant yang dihadirkan pada pertengahan tahun lalu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya