Video Detik-detik Manusia Terakhir Berjalan di Bulan

Eugene Cernan di permukaan Bulan
Sumber :
  • NASA

VIVA.co.id – Pensiunan astronaut Badan Antariksa Amerika Serikat, Eugene Gene Cernan meninggal pada usia 82 tahun. Cernan merupakan manusia terakhir yang berjalan di Bulan. Dia bersama Harrison Schmitt, merupakan awak terakhir yang menginjakkan kaki di satelit Bumi dalam misi Apollo 17. 

INFOGRAFIK : India Sudah Sampai Bulan

Dalam video rekaman misi Apollo 17, Cernan dan Schmitt tampak berjalan setengah melompat-lompat dalam misi tersebut. 

Video tersebut menunjukkan jelang pulang ke Bumi pada 19 Desember 1972. Jelang pulang ke Bumi, keduanya menyanyikan lagu The Fountain in the Park saat berjalan di permukaan Bulan. Selain itu, Cernan mengucapkan ‘kalimat perpisahan’ sebelum kembali ke Bumi. 

NASA (Akan) Kembali ke Bulan Setelah 50 Tahun

"Saya mengambil langkah terakhir manusia dari permukaan Bulan dan akan kembali ke Bumi segera. Saya ingin mengatakan, apa yang saya yakini sejarah akan tercatat. Tantangan Amerika hari ini telah ditempuh. Dan, kami meninggalkan area Taurus-Littrow, Bulan, kami meninggalkan Bulan seperti kami datang. Dan, atas kehendak Tuhan, kami akan kembali dengan perdamaian dan harapan bagi seluruh umat manusia. Semoga berhasil awal Apollo 17," kata Cernan dikutip dari Space, Selasa 17 Januari 2017.

Setelah mengucapkan 'kata perpisahan' itu, Cernan dan krunya yang sudah ada di dalam Lunar Module terbang dan kembali ke Bumi. 

Kalau Kamu Diajak ke Bulan, Apa yang Mau Dibawa?

Misi Apollo 17 saat itu, memecahkan beberapa rekor, di antaranya pendaratan ke Bulan terlama, aksi berjalan di Bulan terlama, pengambilan sampel Bulan terlama dan waktu terlama misi di orbit Bulan.

Misi tersebut juga menempatkan Cernan sebagai manusia terakhir yang meninggalkan jejak kakinya di permukaan Bulan. Cernan merupakan orang terakhir yang berjalan di Bulan dan yang terakhir memasuki modul misi pada 13 Desember 1972.

Sebelumnya, Schmitt telah memasuki modul menanti Cernan. Tercatat, keduanya menjalankan aktivitas berjalan di permukaan Bulan selama tujuh jam 15 menit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya