Asal Usul Manusia Sering Pakai Tangan Kanan

Ilustrasi anak menulis
Sumber :
  • pixabay/picjumbo

VIVA.co.id – Sekitar 90 persen manusia mungkin lebih banyak menggunakan tangan kanan untuk aktivitas keseharian. Itulah yang menjadi ciri manusia dengan primata lainnya.
 
Hal ini sering dikaitkan dengan kemampuan otak kiri dan kanan, dan tindakan dari otak dilakukan oleh gerakan tangan yang berlawanan. Otak kiri mengontrol bahasa dan motorik kemampuan, sedangkan belahan otak kanan bertanggung jawab untuk perhatian visual. Ini artinya, ketika otak kiri bekerja, maka otak kanan yang akan bergerak.
 
Tapi, para ilmuwan tidak berpendapat demikian. Dilansir Live Science, Senin 16 Januari 2017, ilmuwan menemukan fakta baru yang menyajikan asal usul mengapa tangan kanan lebih dominan digunakan dibanding tangan kiri.
 
Menurut mereka, ini terkait dengan evolusi. Sejak jutaan tahun lalu nenek moyang sudah dominan menggunakan tangan kanan. Namun, bukti tidak didapat dari fosil tangan nenek moyang, tapi di bawa oleh para ilmuwan lewat fosil gigi nenek moyang.
 
Alasan mereka mempelajari fosil gigi, karena gigi merupakan salah satu fosil yan abadi. Dan gigi adalah catatan fosil yang bisa melestarikan goresan.
 
Goresan pada fosil gigi dicerna ilmuwan melalui tulang rahang milik salah satu nenek moyang manusia paling awal, Homo habilis, yang menjelajahi Tanzania di Afrika sekitar 1,8 juta tahun yang lalu. Rahang fosil ini diidentifikasi di Olduvai Gorge, sebuah bidang tanah datar Serengeti.

Yayasan Sativa Nusantara Resmi Serahkan Policy Brief Ganja Medis

Para peneliti mencatat, sejumlah goresan di sisi depan gigi. Mereka menggunakan mikroskop berkekuatan tinggi dan kamera digital untuk menyelidiki goresan ini, terutama membentuk pola arah goresan.
 
Menariknya, hampir setengah dari semua goresan miring, miringnya ke kanan dan dominan pada empat gigi di depan. Hal ini menyebabkan para peneliti berpendapat, sebagian manusia pada saat itu membuat alat atau memukul batu dengan tangan kanan.
 
“Rahang Homo habilis penting karena memberikan bukti tertua tangan kanan dominan dalam catatan fosil. Tetapi ini juga penting karena menunjukkan bahwa tingkat utama organisasi otak telah terjadi pada manusia sedikitnya 1,8 juta tahun yang lalu,” jelas peneliti.

Ilustrasi dokter/rumah sakit.

Dokter Indonesia Dapat Kesempatan Berkarier di Korea

Para profesional medis atau dokter mendapat peluang untuk menjajaki karier di Korea dan Indonesia. Posisi yang terbuka mencakup tiga aspek industri perawatan kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
4 Oktober 2023