14-1-2005: Pendaratan Pertama di Dunia Alien Tata Surya Luar

Ilustrasi wahana Huygens mendarat di permukaan Bulan Planet Saturnus, Titan
Sumber :
  • NASA

VIVA.co.id – Pada 12 tahun lalu, pesawat antariksa Huygens mendarat di permukaan Bulan Planet Saturnus, Titan. Pendaratan Huygens merupakan momen bersejarah. Itu adalah pendaratan pertama kalinya di dunia asing atau alien di Tata Surya luar. 

Ilmuwan Ini Berhasil Ciptakan Koper Bertenaga Al, Permudah Tunanetra Navigasi Lingkungan

Dilansir dari situs Badan Antariksa Eropa, Jumat 13 Januari 2017, Huygens mendarat di permukaan Titan menghasilkan lubang sedalam 12 cm dan kemudian memantul ke permukaan datar berjarak 30-40 cm dari lubang titik pendaratan tersebut. 

Huygens kemudian bergetar bolak balik sampai lima kali sebelum berhenti sekitar 10 detik setelah menyentuh daratan Titan. 

Begini Cara Realme Sukses Lawan Samsung, Apple dan Xiaomi

Pendaratan Huygens memungkinkan ilmuwan menghitung kondisi atmosfer Titan, arah angin dan arah Matahari sampai dinamika pendaratan. 

Wahana Huygens dibangun dan dioperasikan Badan Antariksa Eropa, dan merupakan bagian dari misi Cassini-Huygens. Nama Huygens diambil dari nama astronom Belanda abad ke-17, Christiaan Huygens. 

Lima Trik Bikin Wi-Fi di Rumah Makin Ngebut

Misi Cassini-Huygens merupakan proyek kerja sama antara Badan Antariksa AS, Badan Antariksa Eropa, sampai Badan Antariksa Italia.

Cassini-Huygens diluncurkan dari Bumi pada tanggal 15 Oktober 1997. Huygens dilepaskan dari pengorbit Cassini pada 25 Desember 2004, dan mendarat di Titan pada 14 Januari 2005 di dekat wilayah Xanadu.

Cassini telah berada di orbit Saturnus sejak Juli 2004 dan akan melanjutkan operasinya sampai 2017. 

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya