Empat Keuntungan Pakai Smartphone 4G Anak Negeri

Smartphone 4G lokal Digicoop
Sumber :
  • Viva.co.id/Amal Nur Ngazis

VIVA.co.id – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi berhasil menyalurkan inovasi smartphone 4G dari periset Pusat Mikroelektronik (PME), Institut Teknologi Bandung ke ranah industri. 

Merek Ponsel Terlaris di Dunia, Bukan Samsung atau Apple

Inovasi smartphone PME dilanjutkan produksi massal oleh Koperasi Digital Indonesia Mandiri dengan label smartphone Digicoop. Dalam proses penelitian dan pengembangan smartphone 4G anak negeri itu, ITB menggandeng perusahaan swasta yaitu PT Jalawave Integra, PT VS Technology Indonesia, dan PT TSM. 

Smartphone 4G besutan ITB ini khusus diperuntukkan bagi para anggota koperasi di Indonesia. Kemungkinan akan diberi nama Digicoop 01 dan seterusnya untuk tipe berikutnya. 

Gak Cuma Ponsel Pintar, Bulan Depan Oppo Jual Jam Tangan di Indonesia

Ketua Umum Koperasi Digital Indonesia Mandiri, Henri Kasyfi mengungkapkan, anggota koperasi punya beberapa keuntungan memakai Digicoop 01.

Pertama, terdapat platform split screen pada bagian atas layar ponsel yang berfungsi untuk menaruh iklan. Dengan demikian, tampilan iklan tidak memenuhi layar. Fitur split screen itu merupakan buatan ITB.

4G Gak Harus Smartphone, Feature Phone juga Bisa

“Tidak ada di dunia saat ini," kata Henri saat peluncuran Digicoop 01 di PT VS Technology Indonesia, Cikarang, Bekasi, Rabu 11 Januari 2017.

Iklan yang tampil split screen adalah iklan yang melakukan promosi di Digicoop 01.

Kedua, dari keuntungan iklan yang terdaftar mempromosikan diri di Digicoop 01, pengguna mendapatkan royaltinya. Henri mencontohkan, biasanya sebuah platform misalnya Google, terdapat iklan tapi keuntungan hanya untuk Google. Sementara itu, pada smartphone Digicoop 01, penggunanya mendapat bagian iklan tersebut. 

Ketiga, pengguna dapat menggunakan layanan email dan komputasi awan gratis jika ikut serta dalam program bela negara untuk menegakkan kedaulatan digital Indonesia.

Keempat, cukup dengan menabung Rp1,2 juta sebagai anggota koperasi dalam waktu 12 bulan, smartphone akan dikirim ke rumah dan setiap dua tahun smartphone diganti dengan tipe yang baru. 

Digicoop 01 hadir dengan sistem operasi ID3OS, memiliki kamera utama 5 MP dan kamera depan 2 MP. RAM 1 GB dan ROM 8 GB, memori eksternal hingga 32 GB dan kapasitas baterai 1.800 mAh. 

Dalam pembuatan smartphone anak negeri itu, PT Jalawave Integra bertindak sebagai investor,  PT VS Technology Indonesia untuk produksi, dan PT TSM membantu ITB dalam hal desain, termasuk impor komponen. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya