Gaet Facebook Cs untuk Berantas Hoax Dinilai Efektif

Ilustrasi/Kabar hoax
Sumber :
  • PeopleOnline

VIVA.co.id – Pemerintah Indonesia terus mencari cara untuk mengatasi peredaran informasi palsu atau hoax yang tersebar di internet. Salah satunya dengan berkoordinasi bersama para perusahaan teknologi yang bergerak di media sosial.

Stop Sebar Teror di Medsos, Yuk Kampanye #BersatuIndonesiaku

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, menyebutkan, mereka telah berkoordinasi dengan para perusahaan media sosial, seperti Facebook hingga Twitter, dinilai efektif.

"Iya efektif dong buat semua pihak. Terutama pelaku hoax di media sosial semakin berkurang," kata Semuel di ditemui di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu 11 Januari 2017.

Polisi dan Kemenkominfo Usut Penyebar Hoax soal Teror Bom

Semuel mengatakan, penyebaran berita hoax juga merugikan Facebook dan Twitter. Maka dari itu, hoax bisa memengaruhi kredibilitas perusahaan.

"Mereka (perusahaan media sosial) juga ingin nilai kredibilitas perusahaannya baik dan tentu itu kita bantu untuk blokir," ucapnya.

5 Peringatan dari WhatsApp, Waspada Hoax dan Spam

Meski pemerintah telah melayangkan surat untuk pertemuan lebih lanjut soal koordinasi pemberantasan hoax, tapi sampai saat ini belum ada kesepakatan waktu pertemuan membahas masalah itu.

"Surat sudah kita kirim, tinggal cocokin tanggalnya saja," kata pria yang sering dipanggil Semmy ini.

GO-FOOD Festival.

Beredar Hoax Go-Food Diberi Racun, Gojek Lapor Polisi

Go-Jek menyatakan hal itu mencoreng nama baik layanannya.

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2018