Bos Facebook dan Hawking Ingin Pencarian Alien Makin Nyata

Gugusan bintang Alpha Centauri B
Sumber :
  • CREDIT: ESO/L. Calçada

VIVA.co.id – Pendiri Facebook Mark Zuckerberg, miliuner asal Rusia Yuri Milner, serta fisikawan Stephen Hawking, satu suara untuk mendesak pengiriman salah satu teleskop paling canggih ke Alpha Centauri. Tujuannya satu, mencari kehidupan yang tersembunyi pada sistem bintang yang dekat dengan Tata Surya kita.

Ilmuwan Selangkah Lagi Menemukan Alien

Ketiga tokoh tersebut, sepakat akan memperbarui Very Large Telescope (VLT) untuk mencari 'dunia baru' yang bisa dihuni melalui organisasi bernama Breakthrough Initiative (BI)

Sampai saat ini, dana yang dialokasikan untuk peluncuran VLT ke Alpha Centauri, diharapkan dapat terealisasi pada 2019. Sebagai bagian dari perjanjian terbaru, BI akan mendanai kinerja VLT untuk meningkatkan kemampuannya mendeteksi planet-planet yang ada di Alpha Centauri.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Sekedar informasi, Alpha Centauri dikategorikan sebagai sistem bintang, karena memiliki tiga bintang yang berada di dalamnya, yaitu Proxima Centauri, Alpha Centauri A, dan Alpha Centauri B.

Pada penemuan tahun lalu, Planet Proxima b yang berada di Proxima Centauri diduga menyerupai Bumi, sehingga berpotensi untuk dihuni oleh makhluk hidup. Planet tersebut, berjarak empat tahun cahaya dari Bumi.

5 Negara Ini Siap Menjajah Bulan

"Dengan menatap bintang-bintang, saya membayangkan ada makhluk di luar sana melihat ke belakang. Seperti saya yang bertambah tua yang lebih yakin dari sebelumnya bahwa kita tidak sendirian," ujar Hawking dilansir dari Daily Mail, Rabu, 11 Januari 2017.

Hawking menyebutkan, apabila bertemu dengan 'sosok' peradaban maju, itu seperti saat penduduk asli Amerika bertemu dengan Christopher Columbus. Fisikawan mengatakan, lebih baik manusia menemukan makhluk baru tersebut.

Mendeteksi planet layak huni di Alpha Centauri, khususnya di Proxima Centauri yang merupakan bintang yang paling redup di antara Alpha Centauri A dan Alpha Centauri B. Sehingga, menjadi tantangan tersendiri mencari planet kembaran Bumi itu.

Salah satu cara terbaik saat ini untuk membantu pengamatan adalah menggunakan gelombang panjang inframerah. Direncanakan instrumen tersebut disematkan ke VLT, guna mempermudah pencarian planet layak huni.

"Pada saat itu, kami berharap, ada sebuah planet dalam sistem bintang Alpha Centauri, tetapi kami tidak tahu. Sekarang, kami memiliki target yang pasti, yang membuat misi merasa lebih nyata," ucap Milner. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya