Dua Purwarupa Laptop Game Dicuri di CES

Razer bikin prototipe laptop tiga layar
Sumber :
  • Cnet

VIVA.co.id – Pameran teknologi kelas dunia, Consumer Electronics Show atau CES 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat terkena ‘noda’. Salah satu vendor yang ikut meramaikan pameran tersebut, Razer bernasib sial. Sebab dua unit purwarupa laptop tiga layar untuk pecinta game mereka raib dicuri.

Dua Tahun Absen, Indocomtech Langsung Pasang Target Pengunjung

Pencurian purwarupa laptop dengan tiga layarnya yang resolusi 4K itu membuat Chief Executive Officer Razer, Min-Liang Tan marah. Dia menuntut penegakan hukum dan mengancam keras kepada pencuri. 

Purwarupa itu begitu penting bagi Razer. Perusahaan ini bahkan sampai mengeluarkan sayembara, akan memberi hadiah US$25 ribu atau Rp333 juta, bagi yang memiliki informasi yang mengarah pada identifikasi, penangkapan sampai terduga pencuri. 

Indocomtech Kembali Lagi

Untuk jumlah hadiah kepada informan disebutkan menjadi kewenangan Razer. Perusahaan itu mempertimbangkan besarnya hadiah yang diberikan disesuaikan dengan tingkat kualitas informasi yang diberikan.

"Kami menganggap pencurian ini setara dengan mata-mata dalam industri, ini sangat serius. Ini adalah pencurian, kami tidak menerima tindakan ini," tulis bos Razer tersebut dalam status Facebook. 

Razer Hadirkan Mouse Gaming Baru

Tan mengatakan, perusahaan sedang bekerja dengan penegak hukum dan manajemen CES untuk menyelidiki kasus kebobolan pada ajang teknologi besar tersebut.Soal durasi penawaran sayembara itu, Razer mengatakan akan berlaku selama setahun sejak dirilis oleh perusahaan dan memungkinkan akan diperpanjang.

Sementara, panitia penyelenggara menduga pencurian dilakukan setelah jam pameran. Direktur Komunikasi Acara Global Consumer Technology Assosiation, yang menjalankan CES, Allie Fried mengatakan, mereka komitmen dengan keamanan acara dan peserta. 

"Keamanan peserta pameran, peserta, produk dan bahan dari peserta adalah prioritas tinggi kami. Kami akan terus bekerja sama dengan penegak hukum dan Razer untuk menyelidiki kasus ini," kata dia.

Purwarupa laptop tiga layar dengan yang dinamai Project Valerie itu telah dicuri di ruangan pers di booth Razer pada 8 Januari 2017 sore hari. 

Laptop berukuran 17 inci itu memiliki kode nama Project Valerie. Razer memang tidak asing di kalangan para pecinta game karena mereka adalah produsen hardware untuk video game.

Purwarupa laptop ini memang unik. Awalnya layar terlipat menjadi satu di bagian tengah, kemudian bisa dikembangkan ke masing-masing sisi dengan ukuran yang sama, 17 inci, untuk ketiganya. Bahkan, meski layarnya tiga, laptop berbodi alumunium itu memiliki ketebalan sampai 1,5 inci dan berat 5,4 kilogram.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya