8 Tips Mencari Nama Domain .com yang Sempurna

Ilustrasi membeli domain.
Sumber :
  • http://www.gomuda.com/

VIVA.co.id – Pemanfaatan domain pada era internet dan mobile ini sudah menjadi hal yang umum. Namun memilih nama domain bukan perkara mudah. Selain harus memastikan namanya mudah diingat, pengguna juga harus bersaing dengan yang lainnya untuk segera mendapatkan nama domain yang diinginkan.

Tetap Eling sama Kejahatan Phishing

Hal pertama yang bisa dilakukan seseorang saat mendaftarkan nama domain yaitu memilih ekstensi domain yang cocok untuk bisnis atau kebutuhan pengguna. Lalu, bagaimana Anda dapat melakukan ini dan memanfaatkan kegunaannya dengan maksimal? Di bawah ini 8 tips yang dapat membantu membuat nama domain yang baik untuk didaftarkan dikutip keterangan tertulis Verisign, Senin 9 Januari 2017: 

1.Gunakan pengubah 

683 Situs Pemerintahan dan Lembaga Pendidikan Disusupi Judi Online

Jika ide awal untuk nama domain sudah ada yang menggunakannya, maka pertimbangkan untuk menggunakan kata pengubah. Jika nama domain yang akan digunakan adalah untuk bisnis, tambahkan kata-kata yang menggambarkan pekerjaan Anda atau tentang perusahaan Anda. Misalnya seperti konstruksi, kedokteran gigi, mitra atau rekan. Kemungkinan yang ada tidak terbatas.

2. Masukkan lokasi 

Domain .ID Ingin Unjuk Gigi di Rumah Sendiri

Dewasa ini terdapat banyak bisnis yang beroperasi lokal dan melayani wilayah geografis lain secara spesifik. 

Maka, menyertakan informasi ini di dalam nama domain dapat membantu membuat website Anda lebih relevan secara lokal serta akan menunjukkan, Anda bangga menjadi bagian dari komunitas pada lokasi tersebut. Nama domain .com yang terasosiasi dengan lokasi akan meningkatkan jumlah pencarian secara organik.  

3. Tambahkan kata kunci 

Penelitian terbaru dari Verisign dan comScore mengungkapkan, memiliki nama domain yang kaya akan kata kunci dapat membantu mendapatkan lebih banyak klik. Hal ini karena pengguna pencarian internet hampir dua kali lebih mungkin untuk mengklik nama domain yang setidaknya memiliki salah satu kata kunci yang sering digunakan para pengunjung, dibandingkan dengan nama domain yang tidak memiliki kata kunci.

4. Cara unik untuk mem-branding bisnis 

Banyak perusahaan sukses muncul dengan nama unik dengan menambahkan atau menghilangkan sebuah huruf dari kata yang umum, seperti yang telah dilakukan oleh Tumblr dengan menghilangkan huruf ‘e’ pada kata ‘tumbler’.

Cara lain adalah dengan mengombinasikan dua kata umum atau menggabungkan dua kata menjadi satu, misalnya seperti yang dilakukan oleh Facebook dan Instagram. Menggunakan kata-kata umum dalam konteks baru juga bisa menarik perhatian khalayak online seperti yang dilakukan oleh Yahoo. 

Berpikir kreatif dapat membuka banyak pilihan kepada nama domain .com yang ada yang dapat membantu Anda menonjol. Inilah yang dilakukan para pelaku usaha online di Indonesia seperti vendor inspirasi pernikahan Bridestory, dan perusahaan jam tangan lokal, Matoa.

5. Tanya ke pelanggan apa yang sering diketik dalam mesin pencarian

Sebagai contoh, sebuah bisnis layanan kebersihan asal Jakarta bernama ‘BersihFitri’, tetapi nama domain yang digunakan untuk memasarkan usaha tersebut adalah ‘jasa pembersih rumah jakarta.com’,  sebuah frasa yang mudah diingat yang akan lebih mungkin dicari oleh orang dan membawa mereka ke bisnis Anda. 

6. Gunakan akronim

Perusahaan seperti OLX, AXA dan MOL menggunakan akronim dalam merek dan nama domain mereka. Anda juga dapat mempersingkat negara, negara bagian dan profesi dalam nama domain Anda, seperti JKT, BDG dan SMG.

7. Gunakan media sosial Anda 

Banyak orang dan bisnis memulai perjalanan digital mereka di media sosial. Coba gunakan branding yang sama dengan nama domain .com yang telah dikenali oleh khalayak Anda. Arahkan nama domain Anda ke website atau laman media sosial yang sesuai dengan nama domain Anda, seperti mengarahkan batik pekalongan.com ke akun Twitter batik pekalongan.

8. Gunakan alat pengusulan nama domain 

DomainScope dari Verisign menggabungkan tips-tips di atas ke dalam satu alat untuk memberikan pilihan nama domain yang tersedia. Yang perlu Anda lakukan adalah mengetik kata kunci yang menarik dan daftar pilihan yang relevan secara otomatis akan terpapar untuk Anda pilih. 

Anda juga bisa menggunakan alat pengusulan untuk menemukan nama domain yang telah kedaluwarsa yang baru saja tersedia kembali dan mungkin sudah mendapatkan trafik di dalamnya. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya