Ponsel Unik, Bisa Deteksi Barang Palsu sampai Ukur Tubuh

Smartphone buatan Changhong, H2
Sumber :
  • www.phonearena.com

VIVA.co.id – Beragam ponsel pintar alias smartphone kini sudah hadir dengan masing-masing sensor. Jamaknya, saat ini vendor smartphone sudah mulai mengenalkan sensor sidik jari pada produk andalan mereka. 

Smartphone Baru Samsung, Realme dan Xiaomi Rilis Pekan Ini

Vendor asal Tiongkok, Changhong, tak mau ketinggalan. Perusahaan ini memamerkan keunggulan sensor unik pada seri smartphone terbaru mereka, H2.

Menurut Phone Arena, Senin 9 Januari 2017, smartphone H2 memiliki sensor inframerah yang berfungsi layaknya spektroskop. Dengan kata lain, smartphone ini bisa berfungsi menjadi spektroskop portabel.

Xiaomi Pamer Kamera Depan di Bawah Layar

Seperti halnya pada spektroskop yang dipakai tenaga medis, teknologi pada smarphone ini berjalan dengan memindaikan cahaya pada sebuah objek. Kemudian smartphone bisa menganalisis perubahan cahaya untuk mendapatkan hasil dari objek yang disensor. 

Pemindaian yang ada pada smartphone baru H2 ini memungkinkan bisa menginformasikan sebuah objek terbuat dari bahan apa. Selain itu smartphone bisa memindai tiap makanan meskipun dalam keadaan dikemas dan mengumpulkan informasi komposisi makanan tersebut. 

Realme C12 Siap Meluncur, Ini Bocoran Prosesor dan Baterainya

Changhong mengatakan, dengan kemampuan layaknya spektroskop, maka smartphone itu berguna bagi para orang dengan diabetes, sebab mereka bisa memakai fungsi ini untuk mengevaluasi dampak makanan yang dikonsumsi bagi tingkat gula darah mereka. Fungsi lainnya, dengan memindai buah yang ada, maka pengguna bisa mengetahui tingkat manis dan kesegaran buah. 

Tak berhenti di situ saja. Pemindai optik spektroskop portabel memungkinkan pengguna untuk mengukur tubuhnya. Misalnya memanfaatkan hal itu untuk mengukur tingkat kegemukan badan, sehingga pengguna bisa menyesuaikan dengan kebutuhan badan. 

Fungsi lainnya, Changhong mengklaim sensor pemindai pada smartphone H2 bisa mengenali barang palsu atau tidak, maka tentunya ini bermanfaat saat pengguna membeli perhiasan atau obat. Dalam hal perhiasan, pemindai smartphone itu diklaim bisa menginformasikan pengguna apakah berlian yang mereka beli adalah asli atau tidak. 

Changhong kabarnya akan menjual smartphone dengan sensor unik ini pada awal tahun ini dan akan memasarkan sampai ke Amerika Serikat pada musim gugur tahun ini. Soal harga kemungkinan, smartphone ini kisaran US$400 di pasar Tiongkok. 

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya