Wirausahawan Seret, Tri Gembleng Startup Anak Muda

Salah satu startup yang bakal dibina Tri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Hutchinson 3 Indonesia atau dikenal dengan operator Tri telah menyaring empat ide bisnis digital dan non digital dari 225 proposal yang masuk dari tiga kota, yaitu Yogyakarta, Makassar, dan Bandung. Ini merupakan program Kejar #Ambisiku yang telah digelar Tri sejak 10 bulan lalu.

Kunjungi Station F di Paris, Anindya Bakrie Ungkap Rencana Bangun Kampus Startup di IKN

Keempat ide bisnis terbaik ini adalah Mengundang.co (Bandung), SellBuyTime (Jakarta), WI4GO (Yogyakarta), dan SoKu.id (Solo). Keempat perusahaan rintisan (startup) ini akan memasuki bootcamp Kejar #Ambisiku yang digodok Tri.

Selama masa bootcamp, perwakilan dari keempat startup tersebut akan menyandang predikat The Boss. Tri mengharapkan, bootcamp ini membawa ide bisnis dari empat startup semakin matang dipasarkan, baik di dalam maupun luar negeri.

Startup Kripto Ini sedang Bahagia

Human Resources Director Tri, Wahyudin Adikusumah, mengatakan, Tri terdorong untuk melahirkan wirausahawan muda, mengingat jumlah wirausahawan lokal masih jauh bila dibandingkan dengan total penduduk Indonesia.

"Data pemerintah pada 2016 menunjukkan bahwa dari total sekitar 250 juta penduduk, jumlah wirausahawan masih rendah dan belum mencapai yang idealnya sebesar dua persen," ungkap Wahyudin di Menara Mulia, Jakarta, Senin 9 Januari 2017.

Startup Lokal Ini Ingin Menyuburkan Benih Revolusi

Bootcamp berlangsung empat hari dengan rangkaian pendampingan dan bimbingan penyusunan rencana bisnis untuk ide yang ditujukan. Namun, secara keseluruhan, proses penggodokan Tri terhadap empat startup ini dilakukan selama dua tahun ke depan.

"Karena yang dibutuhkan startup itu bukan sekadar funding, tapi juga mentoring dan networking," ucap Head of Brand and Communication Tri, Fahroni Arifin.

Terlebih, mendorong wirausahawan muda itu sejalan dengan jumlah mayoritas pelanggan Tri hingga saat ini. "Saat ini ada 80 persen dari total pelanggan kami merupakan generasi muda," katanya.

Sebagai informasi, Mengundang.co merupakan platform yang menyediakan jasa untuk pembuatan undangan pernikahan, SellBuyTime adalah platform aplikasi pertama di Indonesia yang menjadi market place keahlian untuk memudahkan masyarakat dalam mencari bantuan pekerjaan berdasarkan waktu luang untuk sumber peningkatan pendapatan lainnya.

WI4GO ialah startup yang menyediakan jasa promosi dengan berbasis media sosial, dan SoKu.id atau kepanjangan Solo Kurir ini adalah layanan pengantar makanan berbasis di Solo, dengan jumlah mitra mencapai 2.000-an.

Selama program #Ambisiku melalui Festival #Ambisiku di tiga kota, telah menjangkau 18 juta generasi milenial di media sosial dan 11 ribu anak muda yang turut berpartisipasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya