Foto Bumi dan Bulan Dilihat dari Planet Mars

Foto Bumi dan Bulan dilihat dari Planet Mars.
Sumber :
  • NASA/JPL

VIVA.co.id – Badan Antariksa Amerika Serikat, baru-baru ini merilis foto terbaru dari Bumi dan Bulan dari luar angkasa. Menariknya, foto wajah Bumi ini mereka potret dari planet tetangga, yaitu Mars.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

NASA memotret Bumi dan Bulan dari Mars, melalui pesawat antariksa bernama Mars Reconnaissance Orbiter, yang tengah mengorbit di Planet Merah sejak diluncurkan 2005. NASA memanfaatkan kamera canggih yang melekat pada Mars Reconnaissance Orbiter, High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE).

Hasilnya, dikutip dari Engadget, Senin 9 Januari 2017, foto tersebut merupakan gabungan dari dua gambar yang diambil dalam upaya untuk mengalibrasi instrumen.

Planet Tetangga Bumi akan Hilang 2 Minggu

Foto yang diambil dari jarak 127 juta mil ini dilakukan pada 20 November 2016, dan baru rilis belum lama ini. Jarak tersebut, setara dengan kira-kira 1,4 kali jarak antara Bumi dan Matahari..

"Untuk penyajian, pengungkapan foto diproses secara terpisah untuk mengoptimalkan, sehingga terlihat secara detail terlihat Bumi dan Bulan," tulis NASA.

Geger Atmosfer Hijau Selimuti Planet Tetangga Bumi

Sebab, jika tidak demikian, Bulan tidak akan terfoto, karena dalam satu ekspose Bulan terlihat terlalu gelap.

Foto yang disajikan memperlihatkan Bumi terlihat cokelat yang dipadu dengan warna Biru. Biasanya, foto Bumi dari luar angkasa ini menampilkan wajah Bumi dengan warna biru yang cukup dominan. Bulan masih seperti biasa, warnanya yang keabu-abuan.

Bumi dan Bulan, terlihat foto keduanya setengah gelap. Hal ini, karena sinar Matahari yang menyinari kedua objek tersebut.

Meski foto ini menggabungkan dua gambar, namun foto yang disajikan masih terlihat titik-titik piksel. Sehingga, foto tidak jelas dengan sempurna. Walau demikian, foto Bumi dan Bulan dipotret dari Mars, merupakan sudut foto yang terbaru dibanding foto umumnya yang beredar selama ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya