TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Dua Benda Luar Angkasa Terdeteksi Dekati Bumi

Salah satunya belum diidentifikasi, komet atau asteroid.
Dua Benda Luar Angkasa Terdeteksi Dekati Bumi
Asteroid YB35 mendekati Bumi. (http://www.onvsoff.com)

VIVA.co.id – Badan luar angkasa Amerika (NASA) mendeteksi, ada dua benda luar angkasa yang bergerak mendekat ke bumi. Namun belum ada kepastian dari NASA apakah benda itu komet atau asteroid.

Satu objek telah teridentifikasi sebagai komet C/2016 U1 Neowise. Benda luar angkasa itu akan berada dekat bumi pekan ini. Jarak terdekatnya sekitar 106 juta kilometer. 

Sedangkan objek lainnya belum diketahui apa bentuknya. Hanya saja dikenali sebagai 2016 WF9. Objek luar angkasa itu akan mencapai orbit bumi pada 25 Februari nanti dengan jarak 51 juta kilometer dari bumi.

"Komet C/2016 U1 Neowise dimungkinkan untuk bisa dilihat warga bumi dengan binokular. Kami belum bisa memprediksi ukuran komet itu namun dari ke hari, komet semakin bergerak ke arah selatan dan mendekat ke matahari, dalam orbit Mercury, pada 14 Januari," ujar manajer pusat pengendali NASA untuk Near-Earth Object, Paul Chodas, seperti dikutip dari Daily Mail.

Sedangkan untuk 2016 WF9, ditemukan pertama kali pada 27 November tahun lalu lewat misi Neowise (Near-Earth Object Wide-Field Infrared Survey Explorer) NASA, sebuah program pemburu asteroid dan komet. Awalnya objek ini bergerak di sabuk utama asteroid dan orbit Mars, sampai akhirnya akan memasuki orbit bumi pada Februari ini.

"Pergerakan 2016 WF9 telah kami pahami. Kedua objek, baik C/2016 U1 maupun 2016 WF9, tidak memiliki ancaman apapun terhadap bumi, bahkan di masa depan sekalipun. Namun yang jelas, kedua objek ini menggambarkan betapa tipisnya perbedaan antara asteroid dan komet," kata Chodas.

Namun begitu, tidak seperti C/2016 U1, ukuran 2016 WF9 cukup besar dengan dimensi sampai 1 kilometer.

Neowise pernah dibekukan pada Desember 2013 setelah berhasil menemukan 34.000 asteroid. Sejak saat itu mereka ditugaskan untuk menemukan dan mempelajari lebih jauh soal asteroid dan komet, terutama yang berpotensi mengancam bumi. 

Jika 2016 WF9 terbukti adalah komet, ini merupakan temuan ke-10 sejak Neowise diaktifkan kembali. Jika ternyata itu adalah asteroid, maka ini merupakan temuan ke 100.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP