Deretan Penampakan Langit Sepanjang Januari 2017

Ilustrasi penampakan hujan meteor.
Sumber :
  • REUTERS/Amir Cohen

VIVA.co.id – Mengawali 2017, penikmat langit bakal disuguhi dengan beberapa keindahan langit. Sepanjang Januari ini, masyarakat Amerika Serikat dan sebagian dari warga Inggris, dapat menyaksikan hujan meteor dan penampakan benda luar angkasa lainnya.

Siap-siap, Hujan Tidak Biasa Akan Terjadi pada 3-4 Januari 2024

Berikut, beberapa fenomena langit yang bisa disaksikan sepanjang bulan pertama 2017, sebagaimana dikutip Mirror, Selasa 3 Januari 2017. 
 
1. 4 Januari 2017
 

Pada tanggal ini, akan ada fenomena hujan meteor Quadrantid. Hujan meteor ini bisa disaksikan oleh orang-orang yang berada dekat Sungai Mississippi, Amerika Serikat. Pengamat di lokasi itu bisa menyaksikan 60 sampai 120 meteor melesat per jam.
 
Selama enam jam sebelum dan sesudah waktu maksimal, meteor ini akan muncul warna biru seperti membakar masuk ke atmosfer bumi. Meteor ini diyakini residu dari asteroid 2003 EH1.

Penampakan Hujan Meteor Perseid
 
2. 12 Januari 2017
 

Pada tanggal tersebut, Planet Venus akan mencapai elongasi terbesarnya. Dengan demikian, artinya Venus akan terletak 47,1 derajat dari Matahari, sehingga itu menjadi waktu terbaik untuk melihat Venus dari Bumi.
 
Venus akan berada di titik tertinggi di atas cakrawala di langit malam (waktu UTC). Untuk wilayah di waktu tersebut, menyaksikan planet terang di langit barat sebaiknya, setelah Matahari terbenam.
 
 3. 17 Januari 2017
 

Pada 17 Januari, asteroid Vesta akan memancarkan kecerahan terpuncaknya. Asteroid Vesta diklaim satu-satunya yang paling cerah pada bulan ini. Untuk menemukan lokasi asteroid Vesta, bisa menggunakan bintang kembar Gemini, Castor and Pollux.

Coming Soon! Fenomena Astronomi Hujan Meteor Pekan Ini

Asteroid YB35 mendekati Bumi.
 
4. 19 Januari 2017
 

Planet Merkurius akan terlihat pada 19 Januari, Merkurius mencapai elongasi terbesarnya, yang akan menempatkan planet di 24,1 derajat dari Matahari. Dengan demikian, Planet Merkurius akan berada di titik tertinggi di cakrawala di langit pagi dan mudah terlihat. Saksikan Merkurius di langit timur sebelum matahari terbit (waktu UTC).

Planet Merkurius

Fenomena Astronomi selama Agustus, dari Supermoon hingga Hujan Meteor
Ilustrasi hujan meteor.

Hujan Tak Biasa Bakal Terjadi Mulai Dini Hari

Hujan Meteor Quadrantid diharapkan mencapai puncaknya minggu ini, menampilkan potensi hingga 120 bintang jatuh per jam yang terlihat di langit malam.

img_title
VIVA.co.id
3 Januari 2024