TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Kerabat Dekat Manusia Terbukti Kanibal

Peneliti menemukan bukti Neanderthal adalah kanibal.
Kerabat Dekat Manusia Terbukti Kanibal
Manusia Neanderthal yang ditemukan di Jerman pada tahun 1856 (http://id.cutpen.com)

VIVA.co.id – Ilmuwan kembali menemukan tulang belulang kerabat terdekat manusia modern, Neanderthal. Kali ini ilmuwan menemukan bagian tulang dari empat dewasa dan satu anak Neanderthal di gua Goyet, Belgia. Sisa tulang manusia Neanderthal yang ditemukan diyakini sudah berusia 40 ribu tahun silam.

Dilansir Tech Times, Selasa 3 Januari 2017, ilmuwan mengatakan, temuan tulang belulang tersebut semakin memperkuat studi Neanderthal merupakan kanibal atau pemakan sesama.
 
“Tanda-tanda (kanibal) jelas menunjukkan pemotongan dan patah tulang yang mengisyaratkan sumsum diekstraksi,” kata para ilmuwan.
 
Studi yang menyatakan Neanderthal merupakan kanibal sudah diungkap oleh ilmuwan sejak 2015. Dua tahun lalu, tulang yang dianggap sebagai bukti Neanderthal adalah kanibal telah ditemukan di El Sidrón dan Zafarraya, Spanyol dan Moula-Guercy dan Les Pradelles, Prancis.
 
Alasan di balik praktik kanibalisme Neanderthal masih menjadi misteri. Para ahli memiliki beberapa pendapat.
Beberapa ahli antropologi berpikir, Neanderthal memiliki periode kelaparan musiman. Ketika mereka benar-benar kelaparan, Neanderthal di gua mungkin terpaksa memakan sisa-sisa Neanderthal yang telah meninggal.
 
Para ahli lainnya berpendapat, Neanderthal menggunakan sesama lainnya untuk ritual. Neanderthal diyakini punah 30 ribu tahun yang lalu.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP