Alien Kirim Sinyal Energi Misterius ke Bumi?

Green Bank
Sumber :
  • flickr

VIVA.co.id – Peneliti Montreal Kanada mendeteksi 'ledakan energi' misterius dengan menggunakan teleskop radio bertenaga tinggi Green Bank Telescope, di West Virginia, Amerika Serikat. 

UFO Terpantau Lagi Keliling Bulan

Teleskop canggih tersebut sebenarnya difungsikan untuk memantau bintang. Ledakan gelombang radio ini disimpulkan sementara berasal dari makhluk asing atau alien di luar angkasa. 

"Enam denyut gelombang radio dicegat, yang berasal dari konstelasi Auriga, masing-masing berlangsung hanya beberapa milidetik," kata para peneliti seperti dilansir Mirror, Rabu 28 Desember 2016.

Top Trending: Naik Bus Hantu dari Lampung ke Bekasi, Pimpinan Aolia Mbah Benu Beri Klarifikasi

Ledakan radio cepat biasanya disebut para ilmuwan sebagai fast radio burst atau FSB. Ternyata, enam gelombang radio itu bukan pertama kalinya terdeteksi oleh Green Bank. FBS itu juga pernah dideteksi sebanyak 11 kali dari lokasi yang sama. 

Para ilmuwan tidak mengesampingkan kemungkinan sinyal tersebut berasal dari makhluk canggih luar angkasa. Namun demikian, peneliti mengatakan fenomena itu lebih mungkin merupakan jilatan api Matahari dari bintang muda.

Pria yang Disebut Mirip Alien Lalu Pukul hingga Ludahi Wanita di Kendari Ditangkap

Untuk menganalisis lebih lanjut, apakah benar gelombang berasal dari alien, tim ilmuwan menyerahkan 'barang bukti' kepada Search for Extra-Terrestrial Intelligence (SETI) Institute.

Dugaan yang sama juga dilontarkan oleh SETI. Seorang astronom senior SETI, Seth Shostak, mengatakan, kemungkinan enam gelombang radio tersebut berasal dari makhluk luar angkasa atau alien. 

"Meskipun demikian, kami harus memeriksa semua kemungkinan yang wajar, mengingat pentingnya subjek," ujar dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya