10 Karyawan Pertama Apple, Nasibnya Kini

Ilustrasi Apple iPad
Sumber :
  • REUTERS/Aly Song/Files

VIVA.co.id – Bicara Apple maka tak lepas dari nama Steve Jobs. Visi dan pemikiran Jobs memang menjadikan Apple sebagai perusahaan teknologi besar dunia. 

Mobil Ini Bikin Ratusan Karyawan Apple Dipecat

Namun demikian, Jobs tak bekerja sendirian. Ada kerja tim, terutama saat masa-masa awal mengembangkan perusahaan. Sayangnya, karyawan awal saat Apple sedang membangun diri sudah banyak yang terlupakan. 

Laman Business Insider dikutip Selasa, 27 Desember 2016, menampilkan profil 10 karyawan pertama Apple. Data dari sepuluh karyawan pertama Apple ini didapatkan dari Chief Executive Officer pertama Apple, Michael Scott dan Steve Wozniak, kolega sekaligus salah satu pendiri Apple bersama Steve Jobs. 

iPhone Apa Saja yang Dapat dan Tidak Bisa Update iOS 18

Scott mengatakan, saat itu sebagai CEO dia mengidentifikasi karyawan awal perusahaan dengan memberikan nomor karyawan. 

1. Steve Wozniak

Apple Store Bakal Ada di Indonesia, Perhatikan Tanda-tandanya

Wozniak merupakan karyawan dengan nomor 1, sekaligus pendiri Apple bersama Steve Jobs. Dalam riwayat awalnya bersama Apple, dia nyaris tak bergabung dengan Apple. Wozniak saat itu telah menimbang penawaran bekerja di HP. Tapi kemudian dia memutuskan untuk menjadi bagian dari Apple. 

Kini pria yang akrab disapa Woz itu masih kerap muncul di acara di Silicon Valley. Dia juga kerap menjadi pembicara dalam acara teknologi. 

2. Steve Jobs

Pendiri Apple ini merupakan karyawan nomor 2 Apple. Mengapa sosok yang lekat dengan Apple itu bernomor 2. 

Jobs diketahui pernah keluar dari Apple dan menciptakan startup bernama NeXT. Tapi kemudian Jobs kembali lagi bersama Apple saat perusahaan itu membeli NeXT. Jobs meninggal pada Oktober 2011 karena menderita kanker. 

3. Mike Markkula 

Selain dua nama Jos dan Wozniak, nama Markkula juga penting di masa awal Apple. Karyawan bernomor 3 itu tercatat telah berinvestasi di Apple senilai US$250 ribu. Sebagai kompensasi, Markkula mendapatkan 30 persen bagian dari Apple. 

Markkula membantu mengelola Apple, mengembangkan rencana bisnis, mencarikan CEO pertama sampai merekrut Steve Wozniak. 

Markkula tercatat sebagai karyawan Apple sampai 1997. Di luar Apple, Markkula  berinvestasi dalam beberapa startup dan mendonasikan uangnya untuk Santa Clara University, Markkula Center for Applied Ethics. 

Karyawan Apple masa-masa awal

4. Bill Fernandez

Saat Jobs dan Wozniak mulai mengembangkan Apple, keduanya mempekerjakan Fernandez sebagai karyawan pertama. Namun dalam daftar perusahaan, Fernandez tercatat sebagai karyawan dengan nomor 4. 

Fernandez bertemu dengan Jobs di Cupertino Junior High School. Dia merupakan tetangga dan juga kawan dari Wozniak. 

Fernandez berada di Apple sampai 1993. Lepas dari Apple dia bekerja di Ingres, perusahaan database. Saat ini dia merupakan CEO Omnibiotics. 

5. Rod Holt

Holt merupakan perancang yang awalnya mengaku skeptis saat awal bergabung dengan Apple. Dalam pengakuannya, Holt mengaku 'ditipu' Jobs untuk menjalankan pekerjaan di Apple. 

Lepas dari itu, Holt berkontribusi dalam pengembangan merancang power supply pada Apple II. 

6. Randy Wigginton

Karyawan nomor 6 ini bertugas menuliskan kembali bahasa pemrograman awal bernama BASIC. Wigginton bertugas mengembangkan BASIC untuk bisa berjalan pada komputer Apple II. Setelah bekerja di Apple, Wigginton tercatat bekerja di eBay, Google, Chegg, Square.

7. Michael Scott

CEO pertama Apple itu memilih nomor karyawan  dengan angka 7. Dia mengaku angka 7 merujuk pada James Bond 007. 

Sebagai CEO pertama, Scott menyematkan nomro karyawan awal Apple. Dia menjadi CEO karena diminta oleh investor Apple, Mike Markkula. 

8. Chris Espinosa 

Espinosa bergabung dengan Apple saat dia masih sekolah menengah. Dia mendapatkan nomor karyawan 8. 

Menariknya, hingga kini, dia masih bekerja di Apple dan merupakan karyawan terlama yang bekerja untuk perusahaan teknologi itu. 

Karyawan Apple masa-masa awal

9. Sherry Livingston

Dia dikenal sebagai tangan kanan CEO pertama Apple. Sherry Livingston merupakan sekretaris pertama Apple. Dia bekerja di Apple karena direkrut leh CEO pertama Apple, Michael Scott. 

10. Gary Martin

Martin bekerja di masa awal Apple sebagai bagian keuangan. Martin saat itu berpikir Apple merupakan perusahaan yang gagal, tapi dia tetap bergabung dengan Aple. 

Martin bekerja di Apple sampai 1983. Lepas dari Apple dia bekerja di Starstruck, perusahaan perjalanan ke antariksa. Martin kini menjadi investor privat dan salah satu dewan direksi perusahaan teknologi Kanada, LeoNovus. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya