Telkomsel Blokir Telepon Spam dari +77

Ilustrasi penggunaan SMS melalui ponsel
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Beberapa waktu belakangan, di media sosial, para pengguna seluler mengeluh mendapatkan panggilan masuk dari nomor dengan awalan +77. Menanggapi hal ini, pihak Telkomsel mengaku sudah melakukan pemblokiran terhadap nomor tersebut.

Jajaran Direksi Baru Telkomsel, Muka Lama Posisi Baru

Beberapa pengguna media sosial di Facebook menuliskan status adanya panggilan dari prefix +77. Diketahui, jika Indonesia memiliki prefix +62 dan Singapura ber-prefix +65 maka +77 adalah berasal dari negara Kazakhstan.

Yang menarik, telepon itu hanya berdering satu kali dan panggilan dilakukan pada malam hari dan hanya menyasar pada pengguna kartu Halo milik Telkomsel.

Beda Layanan Volte Milik Telkomsel dengan Voice Calling WhatsApp?

"Fenomena di-misscall dari telp +77, setelah teman saya, kini giliran saya. Belum jelas fenomena apa yang terjadi tapi ini sangat aneh! Apakah kita mulai di sadap?" tulis pengguna Facebook dengan nama Maulia.

Dalam kolom komentar, beberapa pengguna lain mengaku mendapatkan missed call yang sama. 

Seberapa Jago Kamu Jualan Kolak?

"Yang masuk ke nomor saya +77908003033," tulis Herry Setiadi

Sedangkan pengguna lain mengadu mendapatkan missed call dari nomor berbeda dengan prefix sama, yakni +77908003035 atau +77809003035.

Dalam konfirmasinya, pihak Telkomsel menyebut panggilan itu adalah spam.

"Kami sampaikan bahwa panggilan tersebut merupakan spam yang berasal dari luar negeri. Kami telah melakukan blocking atas panggilan internasional dari nomor tersebut," ujar GM External Corporate Communication Telkomsel, Denny Abidin, kepada VIVA.co.id, Selasa, 27 Desember 2016.

Sayangnya, pihak Telkomsel tidak menjelaskan bagaimana sampai hanya pengguna kartu Halo yang disasar oleh panggilan spam tersebut. Namun dengan adanya pemblokiran ini setidaknya pengguna telepon seluler, khususnya kartu Halo bisa tenang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya