TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Kenapa Dinosaurus Muda Rontokkan Gigi?

Perubahan anatomi terjadi pada dinosaurus remaja beranjak ke dewasa.
Kenapa Dinosaurus Muda Rontokkan Gigi?
Ilustrasi dinosaurus  (www.bbc.com/Yu Chen)

VIVA.co.id – Fakta baru mengenai dinosaurus ditemukan oleh para peneliti Capital Normal University, Beijing, China. Ternyata beberapa spesies dinosaurus ada yang mengalami perubahan anatomi tubuh saat tumbuh remaja ke dewasa. Dinosaurus akan merontokkan gigi saat mereka tumbuh dewasa.

Ketika remaja, dinosaurus akan menggunakan gigi untuk makan, lalu beranjak dewasa giginya akan rontok dan tumbuh paruh. Stig Walsh, salah seorang peneliti Capital Normal University mengatakan, ketika remaja dengan giginya, dinosarus bertindak sebagai omnivora. Kemudian hanya ada paruh saat dewasa, barulah dinosaurus hanya memakan tumbuhan.

Dilansir BBC, Selasa 27 Desember 2016, para ilmuwan menganalisis fakta tersebut dari dua fosil dinosaurus seperti kadal yang ditemukan satu dekade lalu. Fosil tersebut diidentifikasi sebagai Limusaurus inextricabilis, tinggal di China dan hidup sekitar 150 juta tahun yang lalu. 

“Awalnya, kami percaya bahwa kami menemukan dua dinosaurus (jenis) ceratosaurian berbeda dari daerah Wucaiwan, satu bergigi dan satu lagi ompong. Bahkan kami mulai menggambarkan mereka secara terpisah,” kata Wang.

Setelah dianalisis, kata Wang, ternyata keduanya adalah spesies yang sama. dan Limusaurus diklaim sebagai satu-satunya reptil yang memiliki perubahan dari gigi ompong ke paruh.

Diketahui, pada hewan vertebrata yang menggugurkan gigi terjadi pada Platypus. Pada hewan modern, merontokkan gigi sering terjadi pada ikan dan amfibi.

Limusaurus adalah dinosaurus theropoda yang cukup tua dan primitif. Umurnya, sepantaran dengan kelompok dinosaurus karnivora terkenal, seperti Tyrannosaurus rex atau T-rex dan Velociraptor.  Untuk paruh, baru-baru ini pun telah ada penemuan bahwa dinosaurus dekat keturunannya dengan burung.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP