Aplikasi Nonton Iklan Ini Laris Manis Dipakai Pengguna

Aplikasi WelectGo
Sumber :
  • www.phonearena.com

VIVA.co.id – Pengguna internet kadang terganggu jika sedang asyik ‘berselancar’ tiba-tiba muncul iklan video. Umumnya, pengguna internet akan mengabaikan iklan video karena merasa terganggu. 

Perusahaan Tak Punya Aplikasi Mobile, Siap-siap Ketinggalan

Namun langkah sebaliknya dilakukan perusahaan rintisan (startup) di Jerman. Startup Jerman ini malah menjadikan kebencian pada iklan video itu sebagai ajang bisnis. 

Dikutip dari Phone Arena, Selasa 20 Desember 2016, startup Jerman itu merilis aplikasi bernama WelectGo. Alih-alih menghindari iklan video, aplikasi ini malah mengajak pengguna untuk menikmati empat iklan video yang umumnya masing-masing berdurasi 20 detik, sampai selesai. 

Pamer Aplikasi Baru, Dirut PLN Tampil Bikin Podcast

Pengguna yang mau melihat iklan video akan mendapatkan kompensasi, mendapat tiket bus gratis di sistem transportasi transit Dusseldorf. Kompensasi itu terbilang lumayan, sebab harga tiketnya biasanya mencapai US$2,70. 

Ternyata skema yang ditawarkan aplikasi itu mendapat respons positif dari pengguna internet, WelectGo mengatakan, banyak pengguna yang kemudian rela melihat iklan video demi tiket bus gratis. 

New Normal Saat Corona, Belanja Lewat Aplikasi Mobile Jadi Terbiasa

Tercatat, sampai saat ini jumlah pengguna WelectGo sudah mencapai 20 ribu pengguna komuter di Jerman. Padahal saat awal diluncurkan, aplikasi ini menargetkan seribu pengguna komuter saja. 

Pengelola aplikasi menjelaskan, awalnya mereka tak menargetkan sejumlah pengiklan, itu sebabnya WelectGo hanya meyediakan tiket bus gratis secara terbatas dan terbilang sedikit. 

Bagi pengiklan cara ini bisa cukup menarik. Sebab, pengiklan diberi kebebasan untuk mengatur kebijakan, berapa kali iklan video dilihat untuk bisa mendapatkan kompensasi. Aplikasi ini sementara ini hanya tersedia di Dusseldorf dan disebutkan akan hadir di pasar lain menyesuaikan perkembangan. 

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya