Kalahkan Tujuh Negara, Robot Buatan ITS Juara di Tiongkok

Tim Ichiro Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Januar Adi Sagita

VIVA.co.id – Karya anak negeri saat ini semakin diakui oleh masyarakat manca negara. Buktinya, baru-baru ini robot buatan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Ichiro, berhasil menjadi juara dalam ajang Federation of International Robot Soccer Association Humanoid Robot Cup 2016, yang digelar di Beijing, Tiongkok, 14-18 Desember 2016.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Ketua Tim Ichiro ITS, Satria Hafizuddhin, mengungkapkan, dalam turnamen itu robot Ichiro I berhasil menyabet tiga medali emas. Di antaranya untuk kategori Marathon, Sprint, dan Soccer.

“Selain itu, robot itu juga berhasil menyabet juara II untuk kategori halang rintang,” kata Satria melalui pesan singkatnya, Senin 19 Desember 2016.

Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan

Satria melanjutkan, perjuangan yang harus dilaluinya bersama Tim Ichiro ITS untuk menjadi juara tidaklah mudah. Sebab, tim tersebut mengalami kendala teknis pada hari pertama.

“Masalahnya adalah kami mendapatkan ketidaksesuaian informasi dengan peraturan yang berlaku,” ujar Satria.

Trik Kelola 'Cuan' Ala Influencer & Public Figure

Masalah lainnya yang harus dihadapi oleh tim tersebut adalah persoalan lapangan. Menurutnya, kondisi nyata di lapangan sangat berbeda dengan kondisi lapangan yang dipaparkan oleh panitia.

“Jadi itu sempat membuat kami bingung. Tapi akhirnya dengan semangat untuk mengharumkan nama bangsa, kami terus berjuang, dan akhirnya berhasil memenangkan lomba itu,” kata Satria.  

Satria mengaku senang dengan kemenangan itu. Terlebih, lomba itu juga diikuti oleh peserta dari tujuh negara lainya. Di antaranya Tiongkok, Malaysia, Taiwan, Meksiko, India, Korea, dan Kanada.

“Sedangkan, total pesertanya ada sekitar 23 tim dari berbagai negara itu termasuk dari Indonesia sendiri,” ujar Satria.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya