15-12-1970: Pesawat Pertama Mendarat di Planet Lain

Pesawat antariksa Uni Soviet Venera 7
Sumber :
  • www.space.com/NASA

VIVA.co.id – Hari ini 46 tahun lalu, pesawat antariksa Uni Soviet, Venera 7 mendarat di permukaan Planet Venus. 

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Begitu mendarat Venera 7 langsung mengirimkan data ke Bumi. Keberhasilan itu menandai pesawat antariksa pertama yang berhasil mengirimkan data setelah mendarat di planet lain. 

Dikutip dari website NASA, Rabu 14 Desember 2016, Venera 7 merupakan salah satu dari dua pesawat yang diluncurkan ke Venus selama Agustus 1970. Berbarengan dengan Venera 7, Uni Soviet juga meluncurkan misi lainnya, Cosmos 359. tapi misi ini gagal. Pesawat Cosmo 359 gagal untuk meninggalkan orbit Bumi. Sedangkan Venera 7 berhasil menjalankan misinya. 

5 Negara Ini Siap Menjajah Bulan

Misi Venera 7 memang mengirimkan data kembali dari atmosfer Venus, mendarat di permukaan dan mengirimkan data setelah pendaratan. 

Pesawat antariksa berbentuk bulat itu diluncurkan dari Baikonur Cosmodrome, Kazakhstan pada 17 Agustus 1970 dengan menumpang roket S6-6. Venera 7 kemudian pada 15 Desember 1970, Venera 7 memisahkan diri dari bagian lainnya dan masuk ke atmosfer Venus. 

Jadwal Penerbangan ke Luar Angkasa di 2024

Kemudian Venera 7 mengembang parasut pada ketinggian 60 kilometer untuk bisa mengerem laju sebelum mendarat di Planet Venus. 

Tapi sayangnya parasut kemudian robek dan roboh selama proses turun menuju permukaan. Hal ini menyebabkan Venera 7 terjun bebas selama 29 menit sebelum membentur permukaan Venus pada 15 Desember 1970. 

Pada saat itu, pesawat terlihat berhenti mengirim sinyal, tapi ternyata pesawat masih 'hidup' kurang dari setengah jam. 

"Analisis belakangan dari rekaman sinyal radio Venera 7 mengungkapkan pesawat telah hidup dari dampak dan terus mengirimkan sinyal lemah selama 23 menit," tulis NASA dalam situsnya. 

Pendeknya usia sinyal Venera 7 dipandang akibat dari pantulan saat membentur permukaan Venus. Dampak lainnya, antena pesawat ini tidak mengarah ke Bumi. 

Meskipun demikian, Venera 7 mampu mengirimkan data suhu Venus yang mana sekitar 475 derajat celsius, tekanan atmosfer 92 bar, kecepatan angin 9 kilometer per jam. Misi Venera 7 dilanjutkan dengan kesuksesan misi Venera lainnya.

Pada 1972, Venera 8 mampu mengumpulkan data permukaan dan atmosfer Venus selama 50 menit setelah mendarat di Venus. Kemudian pada 22 Oktober 1975, Venera 9 mendarat di permukaan Venus, mengambil foto close up pertama permukaan Venus. Tiga hari kemudian Venera 10 mendarat di Venus. 

Pada Desember 1978, Venera 11 dan 12 mendarat di Venus dan mengirim kembali data atmosfer Venus. Kemudian Venera 12 mengirimkan data kembali selama 110 menit sebelum efek panas dan tekanan mengakhiri misi ini. Terakhir misi Venera 13 yang mendarat di Venus pada 1 Maret 1982 dan mampu mengambil gambar berwarna pertama permukaan Venus. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya