TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

2017, Data dan Metadata adalah 'Butiran Emas'

Tahun depan hampir semua perusahaan telah mengadopsi strategi digital.
2017, Data dan Metadata adalah 'Butiran Emas'
Ilustrasi tanda tangan digital. (Pixabay)

VIVA.co.id – Tahun depan, hampir semua perusahaan telah mengadopsi strategi digital. Bahkan mereka mulai menyadari jika data dan metadata adalah 'butiran emas' yang harus dimiliki dan dikendalikan.

Ini merupakan salah satu kesimpulan dari prediksi tahunan terkait industri informasi dan teknologi (IT) pada 2017 nanti. Prediksi mengenai tren IT tahun depan ini dilakukan oleh Dimension Data, perusahaan penyedia layanan dan solusi IT dunia.

"Dalam satu tahun ke depan, pengendalian dan kepemilikan data dan metadata akan tampil sebagai inti dari diskusi dan juga pertentangan. Hal ini terjadi karena data dan metadata merupakan ‘butiran emas' yang memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan pengetahuan mengenai perilaku kustomernya," ujar Presiden Direktur Dimension Data, Hendra Lesmana, dalam keterangannya, Selasa, 13 Desember 2016.

Selain itu, dijelaskannya, metadata memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi pola perilaku tertentu, mengumpulkan dan mengolah informasi dan membuat keputusan bisnis yang strategis. Hasilnya, perusahaan-perusahaan menjadi sangat protektif terhadap metadata mereka, dan mewaspadai siapapun yang memiliki akses ke metadata.

“Perusahaan tidak hanya menginginkan kepemilikan dan kendali terhadap data mereka namun juga ingin data tersebut dianalisa hingga mempunyai nilai bisnis," papar Hendra.

Tren IT lainnya di tahun depan, menurut Dimension Data, pada tahun-tahun terahir, kejahatan dunia maya menjadi lebih canggih dengan memanfaatkan teknologi mutakhir. Terlepas dari inovasi yang terus berlanjut pada industri cybersecurity, kebanyakan upaya yang dilakukan masih berbentuk reakitf sehingga dapat terbaca penanggulangannya.

Yang tak kalah menarik, kata Hendra, tahun depan,mesin akan menjadi bagian dari lingkungan kerja. Bahkan Internet of Things juga akan memenuhi big data di seluruh dunia.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP